Bagikan:

JAKARTA - SpaceX harus barusan dengan pengadilan tenaga kerja AS pada Selasa 5 Maret untuk menghadapi klaim bahwa mereka memecat delapan insinyur karena mengkritik Sang CEO, Elon Musk.  Para penggugat menuduhnya melakukan perilaku seksis dalam sebuah surat kepada para eksekutif perusahaan. Kasus ini akan diajukan di hadapan Hakim Administrasi Dewan Hubungan Kerja Nasional, Sharon Steckler di Los Angeles.

Klaim ini mendorong SpaceX untuk mengajukan gugatan pada bulan Januari untuk menghalangi proses tersebut dengan mengklaim bahwa proses penegakan internal dewan tersebut melanggar Konstitusi AS. Jaksa Agung Dewan Hubungan Kerja, yang bertindak sebagai jaksa, mengklaim bahwa SpaceX melanggar hukum tenaga kerja AS dengan memecat para insinyur pada tahun 2022 setelah mereka menyebarkan surat yang menuduh Musk melakukan perilaku seksis dan mengklaim bahwa perusahaan mentolerir diskriminasi terhadap perempuan. SpaceX dituduh melanggar Undang-Undang Hubungan Tenaga Kerja Nasional, yang melindungi hak-hak pekerja untuk bersatu dan advokasi untuk kondisi kerja yang lebih baik.

Para insinyur tersebut telah mengajukan keluhan secara terpisah kepada sebuah lembaga hak asasi manusia California yang menuduh SpaceX mentolerir diskriminasi berbasis gender dan membalas dendam terhadap pekerja yang mengeluh.

SpaceX telah membantah tuduhan tersebut sambil menyerang fungsi inti dewan hubungan kerja dalam gugatan tersebut, yang diajukan di pengadilan federal Texas. Seorang hakim bulan lalu mentransfer kasus tersebut ke California, dengan alasan kasus dewan hubungan kerja sedang diajukan di sana.

SpaceX menantang keputusan itu di pengadilan banding, dan hakim California pada Senin 4 Maret mengirim kembali kasus tersebut ke Texas menunggu hasil banding tersebut. Jika SpaceX kalah, mereka bisa di perintahkan untuk mengembalikan para pekerja dan mengkompensasi mereka atas gaji dan manfaat yang hilang. Keputusan Steckler dalam kasus ini dapat diajukan banding ke dewan lima anggota dan kemudian pengadilan banding federal.

SpaceX tidak menanggapi permintaan komentar. Perusahaan tersebut diwakili oleh para pengacara dari firma hukum Morgan Lewis & Bockius termasuk John Ring, yang merupakan ketua Dewan Hubungan Tenaga Kerja selama pemerintahan Donald Trump.

SpaceX telah meminta penundaan persidangan menunggu upaya perusahaan di pengadilan Texas untuk menghalangi kasus dewan hubungan kerja tersebut berlanjut. Seorang direktur regional NLRB bulan lalu menolak mosi tersebut dan dewan lima anggota, yang memiliki satu kekosongan, menegaskan keputusan tersebut dalam suatu putusan satu halaman.

Dalam gugatannya, perusahaan tersebut mengklaim bahwa proses administratif dewan untuk mendengar kasus-kasus yang melibatkan praktik tenaga kerja ilegal melanggar hak konstitusionalnya untuk mendapatkan sidang juri.

SpaceX juga mengatakan bahwa batasan pada kemampuan presiden untuk menghapus hakim administratif dan anggota dewan adalah inkonstitusional. Starbucks, Amazon.com, dan Trader Joe's, yang semuanya sedang menghadapi kampanye organisasi serikat pekerja nasional, telah mengajukan argumen serupa dalam kasus-kasus dewan yang sedang berlangsung.

Dewan hubungan kerja telah mengatakan dalam dokumen pengadilan bahwa perlindungan penghapusan yang serupa untuk hakim dewan dan anggota telah ditegaskan oleh Mahkamah Agung AS, dan bahwa hak untuk sidang juri tidak berlaku untuk kasus-kasus yang diajukan berdasarkan hukum tenaga kerja federal.