Bagikan:

 

JAKARTA - Fitbit dan Apple Watch merupakan perangkat wearable yang dikembangkan untuk mendukung aktivitas penggunanya. Namun, perangkat ini memiliki perbedaan yang cukup banyak. 

Dari segi sambungan perangkatnya, Fitbit jauh lebih baik karena kompatibel untuk perangkat dengan sistem operasi (OS) Android maupun iOS, sedangkan Apple Watch hanya bisa disambungkan ke perangkat dengan sistem iOS. 

Meski kedua jam tangan pintar ini kompatibel dengan iPhone, Apple Watch jauh lebih ideal untuk digunakan. Mengutip dari Makeuseof, dukungan aplikasi ketiga di Apple Watch jauh lebih lengkap sehingga Fitbit lebih cocok untuk perangkat Android. 

Hal lain yang membedakan kedua perangkat ini adalah tujuannya. Fitbit dirancang untuk aktivitas yang sangat produktif seperti berolahraga. Perangkat ini memiliki GPS internal untuk melacak metrik agar kecepatan dan jarak tempuh lebih akurat saat berlari. 

Perangkat ini juga lebih ringan untuk digunakan saat berolahraga, memiliki masa pakai baterai yang lebih lama, dan mampu mendeteksi beban yang dihasilkan selama melakukan kegiatan angkat beban. 

Apple Watch juga bisa digunakan untuk melacak aktivitas olahraga, tetapi tidak sebaik Fitbit. Jika ingin mencari jam tangan pintar yang bisa mengontrol musik atau membalas pesan, Apple Watch bisa menjadi pilihan terbaik. 

Dari segi akurasi pelacakan, Fitbit jauh lebih baik menurut Makeuseof. Pasalnya, ketika mencoba berjalan sejauh 500 langkah, Apple Watch hanya melaporkan 483 langkah, sementara Fitbit menunjukkan 491 langkah. Keduanya salah, tetapi Fitbit hampir mendekati. 

Apple Watch memiliki banyak fitur yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli, seperti fitur keselamatan, deteksi jatuh, pemantauan kebisingan, deteksi tabrakan, dan masih banyak lagi. Sementara itu, fitur di Fitbit lebih mengarah ke kesehatan. 

Salah satu seri Fitbit, Sense 2, menghadirkan fitur yang mendukung kesehatan mental dengan dukungan sensor cEDA. Perangkat ini bisa mendeteksi tanda-tanda yang mengarah ke potensi stres. 

Kedua jam tangan pintar ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk memilih perangkat terbaik, pelajari fitur masing-masing perangkat dan cocokan dengan kebutuhan Anda sehari-hari.