Xiaomi Rajai Penjualan <i>Smartwatch</i> , Berhasil Geser Pamor Apple
Xiaomi kembali dinobatkan menjadi pembuat jam tangan pintar terkemuka. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah menyabet gelar smartphone paling laris, Xiaomi kembali dinobatkan menjadi pembuat jam tangan pintar terkemuka di kuartal kedua (Q2) tahun fiskal ini. Pencapaian ini sekaligus berhasil menggeser posisi Apple, raksasa teknologi asal AS.

Menurut laporan terbaru dari perusahaan analisis pasar, Canalys, penjualan smartwatch keseluruhan milik Apple mencapai angka 7,9 juta di Q2 2021. Sedangkan Xiaomi berhasil menyalip Apple di detik-detik terakhir dengan penjualan smartwatch keseluruhan yang mencapai 8 juta perangkat.

Tidak hanya Apple, Xiaomi juga mengalahkan Huawei di posisi ketiga, dan Fitbit mengikuti di belakangnya, sementara Samsung menempati posisi terakhir dalam jumlah penjualan.

Namun, ini merupakan hasil penjualan gabungan, baik smartwatch, smartband dan lainnya. Para analis menyatakan bahwa Xiaomi berhasil mengungguli para pesaingnya berkat penjualan Mi Smart Band 6, dan India merupakan salah satu benteng terkuat dari Xiaomi, tidak termasuk dalam penjualan perdana global.

“Xiaomi membuat langkah bijak untuk mempercepat rilis Mi Band 6, yang merupakan perangkat yang lebih menarik daripada pendahulunya. Pergeseran cepat Xiaomi ke jam tangan dasar juga membantu perusahaan meningkatkan pengiriman jam tangan sebesar 1,3 juta unit pada kuartal ini," ujar Analis Riset Canalys Cynthia Chen seperti dikutip dari Wccftech, Senin, 6 September.

Meski Xiaomi memimpin dengan smart band-nya yang fungsional tetapi tidak secanggih jam tangan pintar Apple Watch. Ketika dipisahkan dari band, Apple Watch mencetak pangsa pasar 31,1 persen, Huawei ada di posisi kedua dengan pangsa pasar 9 persen sedangkan Xiaomi di posisi ketiga dengan pangsa pasar 5,7 persen.

Hal ini karena Apple menawarkan berbagai fitur yang berhubungan dengan kesehatan dan terus menambahkan lebih banyak dengan setiap rilis. Apple Watch Series 7 diharapkan tiba dengan sensor tekanan darah tetapi masih terlalu dini untuk berspekulasi karena keputusan akhir ada di tangan perusahaan.

Para analis memperkirakan setelah Apple meluncurkan Watch Series 7, kemungkinan perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS itu akan menggeser pasar Xiaomi. Dengan catatan, Apple dapat memenuhi permintaan pasar di tengah kekurangan chipset global saat ini.