Xiaomi Mulai Tinggalkan Nama "Mi" di Perangkat yang Akan Datang
Xiaomi lebih banyak dikenal dengan produk smartphone, smartwatch, smart TV . (foto: Mateusz Tworuszka / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa pabrikan ponsel Xiaomi belakangan terus menunjukkan prestasinya dengan berhasil mengalahkan penjualan Apple di peringkat smartphone global.

Xiaomi lebih banyak dikenal dengan produk smartphone, smartwatch, smart TV dan lainnya yang ditawarkan dari kelas menengah hingga flagship, dan telah menggunakan nama ‘Mi’ untuk mengawali beberapa produknya selama sekitar 10 tahun.

Namun menurut laporan XDA Developers yang dikutip dari Gizmochina, Rabu, 25 Agustus, perusahaan dikabarkan akan mulai meninggalkan ‘Mi’ dari nama produk selanjutnya. Perubahan ini telah dimulai dengan Xiaomi Mix 4 yang dirilis beberapa minggu lalu, dan akan dilanjutkan dengan penamaan produk berikutnya.

Sejak 2011 ketika Xiaomi meluncurkan ponsel pertamanya, Mi 1. Mulai saat itu mereka telah berkembang pesat. Ini adalah salah satu produk Xiaomi pertama yang mulai menggunakan nama ‘Mi’. Diketahui, Mi 1 adalah ponsel flagship pada saat itu, dan dengan demikian melahirkan tradisi perusahaan dalam menghadirkan produk inovatif dan mutakhir di segmen kelas atas.

“Mulai Q3 2021, seri produk Xiaomi ‘Mi’ akan diganti namanya menjadi “Xiaomi”. Perubahan ini akan menyatukan kehadiran merek global kami dan menutup kesenjangan persepsi antara merek dan produknya. Perubahan ini mungkin memerlukan waktu untuk diterapkan di semua wilayah," ungkap juru bicara Xiaomi.

Juru bicara itu juga menjelaskan, dengan pengenalan identitas merek baru, dua seri produk yang berbeda akan berada di bawah merek induk. Produk Xiaomi mewakili puncak teknologi dan menawarkan pengalaman premium.

"Sementara, produk Redmi menghadirkan inovasi besar dengan harga yang lebih terjangkau dan ditujukan untuk audiens yang lebih muda. Diferensiasi ini juga tercermin pada logo kami yang diperbarui, dengan jenis logo Xiaomi dan Redmi di bawah logo merek induk," imbuhnya.