Xiaomi Segera Hadirkan <i>Smartphone</i> Layar Lipat
Desain konsep ponsel layar lipat Xiaomi (letsGoDigital)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan ponsel Xiaomi, disinyalir akan segera merilis smartphone layar lipat pertama miliknya. Rumor ini terlihat, sejak Xiaomi mendaftarkan dokumen paten untuk desain ponselnya, pada 2019 lalu. 

Seperti dilansir dari GSM Arena, berdasarkan dokumen patennya, Xiaomi akan mengadopsi desain layar lipat ala Huawei Mate X. Model ini diyakini akan menjadi perangkat baru dari smartphone Xiaomi.

desain paten ponsel layar lipat Xiaomi (LetsGoDigital)

Meski sekilas terlihat mirip, Xiaomi memberikan sedikit pembeda. Xiaomi menggunakan konfigurasi empat kamera yang disusun secara vertikal di bagian belakangnya.

Untuk tampilan depannya, Xiaomi akan mengadopsi bentang panel layar fleksibel. Sementara, di sisi kanan bodi ponsel terdapat dua tombol fisik untuk menghidupkan perangkat (power) dan tombol pengaturan volume. 

Bagian bawahnya tertanam beberapa perangkat seperti speaker, slot kartu SIM, microfon dan port USB Type-C untuk pengisian daya. Selain konfigurasi kamera, desain ponsel layar lipat Xiaomi ini juga akan menyematkan slot khusus untuk menampung pena stylus. 

Belum bisa dipastikan apakah Xiaomi memang akan serius menggarap ponsel layar lipatnya. Apalagi desain paten yang didaftarkan berbeda dengan konsep ponsel yang pernah dipamerkan oleh Xiaomi. 

Di mana Xiaomi, mengadopsi layar ponsel yang bisa dilipat dengan dua engsel fleksibel. Saat itu nama yang digadang-gadang Xiaomi adalah Mi Fold, karena memungkinkan penggunanya melipat ponsel seperti amplop.

Di sisi lain, Xiaomi juga memiliki produk eksperimentalnya yakni Mi Mix Alpha, yang menghadirkan desain ponsel full panel Surround screen. Konsep ponsel ini membuat Mi Mix Alpha nyaris tanpa bezel atau tepian bodi. 

Entah mana yang akan diadopsi oleh Xiaomi sebagai perangkat anyarnya. Apalagi rumor lain mengatakan Xiaomi akan menghadirkan ponsel layar lipat dengan harga yang jauh lebih murah dari Samsung Galaxy Z Flip maupun Galaxy Fold.