Peneliti Gunakan Apple Watch untuk Deteksi Stres, Hasilnya Akurat!
Fitur EKG di Apple Watch (foto: dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Terkadang stres atau depresi dalam diri seseorang sulit diprediksi, untuk itu, peneliti dari University of Waterloo, Kanada, menggunakan Apple Watch guna mendeteksi dan melacak tingkat stres.

Ternyata perangkat wearable Apple itu bisa memprediksi tingkat stres secara akurat. Memulai penelitian, para peneliti memberi 33 subjek (peserta) dua perangkat, iPhone 7 dan Apple Watch Series 6 yang mendukung pemantauan Elektrokardiogram (EKG).

Selanjutnya, mereka menginstruksikan para peserta untuk mengumpulkan EKG enam kali sehari, dengan selang waktu tiga jam. Sebelum setiap pengukuran EKG, para peserta akan mengisi kuesioner stres di iPhone 7 yang mereka pegang.

Kemudian, data dikumpulkan selama dua minggu dari setiap peserta dan kemudian mengembangkan algoritma pembelajaran mesin untuk menginterpretasikan data. Para peneliti menggunakan ECG untuk mengekstraksi nilai Variabilitas Detak Jantung (HRV), sebuah parameter yang dapat mengukur stres.

Hasilnya, mereka menemukan Apple Watch dapat menjadi prediktor stres, bahkan saat itu tidak ada dalam diri seseorang. Lebih lanjut, peserta yang mengalami stres memiliki tingkat presisi yang tinggi tetapi daya ingat yang lebih rendah.

Sementara, peserta yang tidak stres umumnya berkinerja baik dengan daya ingat biasanya di atas 60 persen. Para peneliti mengatakan ini adalah studi pertama yang menggunakan data Apple Watch ECG untuk memprediksi tingkat stres individu.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk menyempurnakan temuan tersebut, apalagi jika sampel peserta yang lebih besar dan lebih beragam dapat menyempurnakan hasilnya.

Selain itu melansir DailyMail, Senin, 2 Januari, poin data kesehatan tambahan dari Apple Watch, seperti tidur dan aktivitas fisik, dapat lebih meningkatkan kemampuan perangkat untuk memprediksi dan melacak stres.

Dengan kata lain, peneliti berharap suatu hari Apple dapat membangun fitur pelacakan stres ke dalam Apple Watch. Alat itu bisa menggabungkan data dari sensor perangkat dengan algoritma untuk memprediksi dan melacak tingkat stres dan menawarkan solusi langsung kepada orang-orang dengan membantu mengurangi stres.

Pada gilirannya, ini dapat memberikan efek menguntungkan pada kesejahteraan pengguna Apple Watch.

Penelitian ini telah diterbitkan awal bulan lalu di Frontiers in Digital Health. Perangkat pesaing, telah menawarkan sistem pemantauan stres lebih dahulu seperti Garmin dan Fitbit.