Cara Menyembunyikan Aplikasi di Perangkat Samsung Galaxy
Sembunyikan aplikasi dari Samsung Galaxy (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Semua ponsel buatan Samsung bisa menyembunyikan aplikasi yang sudah terinstal. Namun, tak banyak orang yang tahu cara menyembunyikan perangkat lunak melalui laci aplikasi.

Dengan menyembunyikan aplikasi, pengguna Samsung Galaxy bisa meningkatkan keamanan di aplikasi yang mereka inginkan.Tindakan menyembunyikan aplikasi ini juga menjadi alternatif keamanan selain autentikasi biometrik.

Mengutip dari Makeuseof, Anda hanya perlu menekan area kosong di layar utama untuk menyembunyikan aplikasi di perangkat Samsung Galaxy. Setelah itu, ketuk ikon Pengaturan yang terlihat di sudut kiri bawah layar.

Jika halaman Pengaturan Layar Utama sudah terbuka, gulir layar untuk mencari menu Sembunyikan Aplikasi di Layar Utama dan Aplikasi. Kemudian, cari aplikasi yang ingin disembunyikan dari layar, lalu pilih Selesai.

Saat Anda kembali ke tampilan laci, aplikasi yang dipilih akan menghilang. Sayangnya, aplikasi yang sudah disembunyikan tidak bisa diakses secara cepat. Anda harus membuka Pengaturan terlebih dahulu dan mencari aplikasinya.

Jika opsi menyembunyikan aplikasi tidak terlihat di Pengaturan Layar Utama, Anda masih bisa menyembunyikan aplikasi menggunakan aplikasi Nova Launcher. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

Setelah aplikasi selesai terunduh, buka Pengaturan Nova Launcher dengan menekan area yang kosong di layar utama. Selanjutnya, pilih Laci Aplikasi dan gulir layar untuk mencari opsi Sembunyikan Aplikasi.

Jika semua aplikasi sudah terlihat di layar, pilih aplikasi yang ingin disembunyikan, lalu klik Simpan Perubahan. Satu-satunya kekurangan dari Nova Launcher adalah aplikasi masih bisa dicari meskipun sudah disembunyikan.