Microsoft Teams Berhenti Berfungsi Selama Beberapa Jam
Microsoft Teams/DOK Microsoft

Bagikan:

JAKARTA – Microsoft Teams tidak bisa beroperasi. Berdasarkan temuan The Verge, aplikasi ini tidak bisa digunakan selama lebih dari delapan jam sehingga merugikan banyak pihak.

Para pengguna Teams mengeluh di platform X mengutarakan mereka tidak bisa masuk ke dalam aplikasi. Sebagian pengguna bisa membuka aplikasi, tetapi beberapa pesan di aplikasi menghilang dan mereka gagal memuat pesan di saluran serta obrolan pada Jumat, 26 Januari.

Selain itu, pengguna Teams tidak bisa melihat dan mengunduh media dalam format apa pun. Mereka juga tidak bisa mengunduh lampiran dokumen, mengirim dan menerima pemberitahuan tanda terima telah dibaca, dan masih banyak lagi.

Di sejumlah negara, masalah ini terjadi saat jam kerja sehingga pekerjaan beberapa pengguna menjadi terganggu. Maka dari itu, tidak heran jika akun media sosial Microsoft di platform X mendapatkan banyak kritikan saat Teams tidak bisa digunakan.

Saat Teams tidak bisa diakses, Microsoft mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki sumber masalah yang menyebabkan perangkat lunaknya berhenti berfungsi. Mereka juga berusaha memperbaiki ketidaknyamanan tersebut.

Sayangnya, proses perbaikan ini berjalan cukup lama. Setelah beberapa jam memperbaiki Teams, Microsoft mengatakan bahwa, “Kami telah menyelesaikan failover di kawasan EMEA dan telemetri layanan menunjukkan beberapa peningkatan.”

Sejalan dengan pernyataan ini, aplikasi Teams mulai beroperasi kembali. Persentase lonjakan masalah di DownDetector juga telah menurun, membuktikan bahwa Microsoft berhasil memperbaiki Teams dan menyingkirkan sumber masalahnya.

Meskipun aplikasi sudah bisa digunakan kembali, Microsoft masih mengoptimalkan jaringan dan sistem Teams. Mereka mengatakan bahwa, “Kami memantau sinyal telemetri internal yang positif untuk memastikan bahwa mitigasi yang kami lakukan mengurangi dampak ke pelanggan.”