Cara Mengaktifkan Mode Gelap Instagram di Android dan iPhone
Cara mengaktifkan mode gelap Instagram (Android Central)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram mempunyai fitur mode gelap atau dark mode. Fitur ini akan menggelapkan warna latar belakang dan mengubah teks menjadi warna putih.

Yang jelas, fitur ini lebih ramah di mata pengguna karena mengurangi cahaya yang dominan. Selain tidak membuat silau mata, fitur ini juga diklaim bisa menghemat baterai ponsel pengguna.

Melansir The Verge, Instagram tidak menyediakan tombol khusus untuk menghidupkan dan mematikan fitur mode gelap di aplikasinya.

Bagi pengguna yang ingin menerapkan fitur ini bisa mengikuti cara mengaktifkan mode gelap di Instagram berikut ini. Caranya pun terbilang mudah dan bisa diterapkan oleh pengguna Android dan iPhone.

Cara mengaktifkan mode gelap Instagram

1. Update Instagram

Pengguna bisa memperbarui aplikasi Instagramnya terlebih dulu di PlayStore atau di App Store. Pasalnya, jika pengguna masih menggunakan ponsel lawas dan belum pernah memperbarui Instagram maka fitur ini belum bisa diaktifkan.

2. Buka aplikasi Instagram

Pengguna hanya perlu masuk ke aplikasi Instagram sebagaimana biasanya. Kemudian geser halaman profil ke arah kiri, maka akan terlihat menu Settings yang terletak di bagian bawah.

3. Jika sudah, pengguna harus masuk ke Settings >> Display, setelah itu tekan menu Dark Mode atau Mode Gelap.

Jika pengguna menggunakan settingan bahasa Indonesia, tekan Pengaturan, lalu pilih Tema, setelah itu pengguna hanya perlu memilih opsi Gelap hingga muncul tanda centang.

Warna latar akan berubah menjadi hitam. Dalam mode ini, hanya tulisan yang menjadi terang. Demikian cara mudah mengaktifkan mode gelap atau dark mode di Instagram.