Begini Cara Mengembalikan Postingan Instagram yang Sudah Dihapus
Fitur baru Instagram Recently Deleted (TheVerge)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Instagram meluncurkan fitur anyar yang bisa membuat pengguna memunculkan kembali postingan yang sudah dihapus. Instagram menghadirkan fitur “Recently Deleted”.

Melalui fitur baru ini, pengguna bisa menampilkan kembali berbagai foto dan video yang baru dihapus. Tidak hanya itu, fitur ini juga bisa mengembalikan IGTV, Stories, dan Reels.

Pihak Instagram mengatakan bahwa fitur “Recently Deleted” bisa menjadi cara yang tepat saat pengguna tanpa sengaja menghapus konten foto maupun videonya di Instagram.

Tidak hanya itu, pengguna Instagram yang postingan fotonya dihapus oleh hacker juga bisa dikembalikan dengan fitur ini.

“Kami tahu, terkadang hacker menghapus konten ketika mereka mendapat akses ke akun Anda, dan hingga saat ini orang-orang tidak punya cara untuk mendapatkan foto atau video mereka kembali dengan mudah,” ujar pihak Instagram sebagaimana yang dikutip dari Slash Gear.

Bagi pengguna yang ingin mengembalikan Stories, pihak Instagram memberi waktu 1 hari atau 24 jam setelah konten Stories dihapus. Sedangkan untuk konten lain seperti feed, foto, video, IGTV maupun Reels, dapat dikembalikan paling lama maksimal 30 hari sejak semua konten itu dihapus.  

Melansir Phone Arena, pemulihan konten yang sudah dihapus ini akan terlebih dahulu diverifikasi. Tindakan ini diperlukan untuk memastikan bahwa pemilik akun yang ingin mengembalikan konten tersebut dan bukan orang lain yang mempunyai niat jahat.

Verifikasi ini akan dikirimkan lewat pesan singkat (SMS) atau email. Pengguna juga akan diverifikasi jika ingin menghapus konten untuk waktu yang lama atau secara permanen.

“Mulai hari ini, kami akan meminta pengguna untuk meverifikasi bahwa mereka adalah pemegang akun ketika ingin menghapus atau memulihkan konten dari ‘Recently Deleted’,” kata pihak Instagram di tulisan blognya.

Selain itu, Instagram juga mengatakan bahwa meskipun pengguna sudah menghapus secara permanen, sistem masih menyimpan data tersebut sampai 90 hari sebelum konten dihapus sepenuhnya.

Fitur baru ini sudah diluncurkan secara global, namun bagi pengguna Instagram di Tanah Air sepertinya masih harus menunggu beberapa waktu lagi.

Penyimpanan cadangan diperlukan pihak Instagram agar bisa mengembalikan data pengguna apabila ada masalah, kerusakan software, atau berbagai kejadian tak terduga lainnya. Bagi pengguna yang ingin mengembalikan postingan yang telah dihapus bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke profil akun Instagram pengguna

2. Lalu tekan tanda tiga titik yang terletak di bagian pojok kanan

3. Setelah itu pilihlah Setting, kemudian tekan menu Recently Deleted, lalu pilihlah postingan yang ingin dikembalikan, kemudian tekan Restore.