Facebook Dibikin Gelisah dengan Langkah Privasi Baru di iOS 14
Tampilan notifikasi Facebook di iPhone (9go5Mac)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook dibuat keki dengan pembaruan privasi yang akan digulirkan Apple pada iOS 14. Secara blak-blakan, Apple akan meminta izin pengguna iPhone dan iPad jika ingin membagikan informasi mereka untuk tujuan pelacakan iklan.

Perubahan kebijakan tersebut menurut Facebook akan merugikan bisnis periklanan miliknya. Guna mengantisipasi hal tersebut, raksasa sosial media itu akan segera menggulirkan notifikasi pembaruan Facebook untuk pengguna iPhone secara global.

"Hari ini adalah hari privasi data dan kami menandai kesempatan tersebut dengan menggulirkan beberapa pembaruan privasi dan mengingatkan pengguna untuk meninjau kembali setelah privasi mereka," tulis Facebook Inc dalam postingan blog resmi, Senin, 1 Februari.

Personalisasi privasi Facebook (dok. Facebook)

Dikutip Reuters, beberapa hal yang menjadi sorotan Facebook dalam pengelolaan privasi pengguna di aplikasinya. Salah satunya bagaimana data mereka akan digunakan untuk iklan yang dipersonalisasi dalam upaya mereka untuk melawan kebijakan baru Apple

Notifikasi tersebut berbunyi "ada pertukaran antara iklan yang dipersonalisasi dan privasi, dari pengaturan mitra iklan."

Jika mengizinkan maka, Facebook, Whatsapp atau Instagram untuk melihat data aktivitas penggunanya dan mempersonalisasi iklan yang akan mereka lihat di platform sosial media. 

Facebook dan Apple sendiri telah terlibat dalam pertarungan publik atas privasi selama beberapa tahun terakhir. Apple telah mengkritik Facebook karena mengumpulkan "sebanyak mungkin data dari pengguna" dan memasang fitur yang berfokus pada privasi sebagai cara untuk "membela pengguna kami" terhadap perusahaan seperti Facebook.

Sementara itu, Facebook mengkritik Apple dengan iklan satu halaman penuh di surat kabar AS karena pedoman baru App Store. Baru kemarin, Mark Zuckerberg menuduh Apple memiliki "insentif untuk mengganggu" Facebook karena alasan kompetitif.