Bagikan:

JAKARTA -Marathon Digital akan membayar 178,6 juta dolar AS (Rp2,7 triliun) untuk mengakuisisi dua pusat data pertambangan Bitcoin sebagai bagian dari upayanya untuk meningkatkan kapasitasnya menjelang halving hadiah pertambangan Bitcoin pada tahun 2024.

Marathon mengumumkan pada 19 Desember bahwa mereka akan membeli dua situs pertambangan Bitcoin yang beroperasi dari Generate Capital, dengan total kapasitas 390 megawatt. Portofolio pertambangan Bitcoin Marathon saat ini mencakup 584 megawatt, dengan 97% kapasitasnya berasal dari pusat data pihak ketiga.

Setelah transaksi selesai pada awal 2024, Marathon akan memiliki kapasitas pertambangan sebesar 910 megawatt, di mana 45% akan dimiliki dan dijalankan oleh perusahaan. Marathon masih akan mengalihdayakan 55% kapasitas pertambangannya melalui perjanjian hosting pihak ketiga.

Pusat data baru ini terletak di Texas dan Nebraska, Amerika Serikat, dan memiliki ruang tambahan yang memungkinkan Marathon untuk memperluas operasinya dalam pertambangan Bitcoin. Perusahaan berencana untuk melipatgandakan hash rate operasionalnya menjadi 50 exahashes dalam dua tahun ke depan.

Aksi akuisisi ini memungkinkan Marathon mengambil alih sekitar 390 megawatt kapasitas operasional, dengan 82 megawatt di antaranya saat ini kosong dan dapat diperluas segera. Sejumlah 244 megawatt saat ini ditempati oleh penyewa pertambangan Bitcoin lainnya, sementara Marathon sudah menduduki 64 megawatt kapasitas di situs-situs tersebut.

Marathon menyatakan bahwa kesepakatan ini akan mengurangi biaya pertambangan satu Bitcoin hingga 30%. Perusahaan juga bertujuan untuk mendeploy 82 megawatt kapasitas di situs tersebut dengan perangkat keras pertambangan sendiri. Saat klien hosting mulai meninggalkan dua pusat data ini, Marathon akan terus menginstal peralatan pertambangan tambahan untuk meningkatkan hash rate-nya.

Saat ini, Marathon memiliki pesanan tujuh exahashes dari penambang, dengan tranche pertama yang dijadwalkan akan dikirim dan diinstal pada Januari 2024.

Pernyataan dari Ketua dan CEO Marathon, Fred Thiel, mencatat bahwa perusahaan telah mencari diversifikasi portofolio aset pertambangan Bitcoin selama setahun terakhir.

"Dengan mengakuisisi situs-situs di Granbury, Texas, dan Kearney, Nebraska dari Generate, kita memiliki kesempatan untuk mengurangi biaya produksi Bitcoin di situs-situs ini, memanfaatkan peluang lindung nilai energi, dan memperluas kapasitas operasional kita," kata Thiel.

Salman Khan, Chief Financial Officer Marathon, menambahkan bahwa perusahaan telah sengaja meningkatkan posisi kas dan kepemilikan Bitcoin di neraca keuangannya sambil mengurangi utang menjelang halving hadiah pertambangan Bitcoin pada tahun 2024.

"Dengan mengurangi biaya operasional kami saat ini di situs-situs ini sebesar 30% dan memberikan kami peluang perluasan yang cukup, transaksi ini langsung meningkatkan nilai bagi organisasi kami," kata Khan.

Marathon Digital akan membayar 178,6 juta dolar AS untuk dua situs pertambangan Bitcoin yang dimiliki oleh Generate Capital sambil mencari untuk memperluas kapasitas pertambangannya menjelang halving hadiah pertambangan Bitcoin pada tahun 2024.