Palo Alto Network Ingatkan Ancaman Siber dari Konten <i>Clickbait</i> Jelang Pemilu
Waspada konten clickbait bisa timbulkan ancaman siber (foto: Palo Alto Network)

Bagikan:

JAKARTA - Fenomena situs dengan headline yang mengandung kata-kata bersifat clickbait, atau memiliki kandungan bahasa yang sensasional dan memikat pembaca, saat ini sangat umum terjadi.

Biasanya, penggunaan judul clickbait seperti ini dilakukan demi menarik minat pengunjung, yang akhirnya diharapkan dapat meningkatkan jumlah klik situs itu semata. 

Namun, di balik judul yang mengandung clickbait tersebut, Palo Alto Networks melihat adanya berbagai potensi ancaman siber, seperti ransomware, malware, ataupun virus lainnya.

Belum lama ini, Unit 42 dari Palo Alto Networks mempublikasikan sebuah blog mengenai potensi bahaya dan ancaman dalam mengunjungi situs clickbait.  Laporan tersebut mengungkapkan adanya lonjakan server yang disusupi, yang berpusat pada konten clickbait dan materi promosi dalam kurun waktu dua bulan sejak Agustus 2023.

Laporan itu juga mencatat setidaknya ada sekitar 10.300 situs WordPress yang disusupi dalam kurun waktu tersebut. Temuan ini menunjukkan fakta bahwa pelaku ancaman sangat gencar untuk mengeksploitasi kerentanan yang dimiliki oleh situs clickbait.

Adi Rusli, Country Manager, Indonesia, Palo Alto Networks, mengungkapkan bagaimana situs clickbait, dengan headline yang sensasional, dapat menimbulkan risiko keamanan siber yang signifikan bagi, terutama pada masa Pemilihan Umum (Pemilu) saat ini.

"Selama periode pemilu di Indonesia, para pelaku ancaman kemungkinan besar akan memanfaatkan momen ini untuk melancarkan serangan mereka melalui situs-situs yang telah disusupi," kata Adi dalam keterangannya.

Tidak lupa, Adi juga turut menegaskan agar pengguna sebaiknya lebih berhati-hati dengan tipu daya konten clickbait. Tetaplah waspada dan selalu pastikan untuk berpikir