Pengguna Meta Quest Kini Bisa Akses Tiga Aplikasi Buatan Microsoft
Perangkat lunak Microsoft di Meta Quest (foto: twitter @MetaQuestVR)

Bagikan:

 

JAKARTA – Sesuai janji Meta di Connect 2022, dukungan Microsoft 365 akhirnya hadir di headset virtual realitas (VR) mereka. Sekarang, tiga software dari Microsoft bisa digunakan di Meta Quest.

Dilaporkan pertama kali oleh Android central, Meta telah menambahkan akses Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint di perangkat mereka. Sesuai dengan fungsinya, pengguna bisa menulis laporan, mengedit data spreadsheet, hingga menyusun bahan untuk presentasi.

Perangkat VR Meta yang bisa mengoperasikan tiga software ini adalah Meta Quest 2, Meta Quest Pro, yang lama maupun yang baru, dan Meta Quest 3. Ketiganya ini bisa diunduh secara gratis di toko Meta Quest.

Meski terkesan canggih, ada beberapa tantangan dari akses software ini. Dari laporan The Verge, kesulitan yang mungkin dialami pengguna adalah memasukkan kata sandi dengan Touch Plus Quest 3 atau keyboard di layar.

Mengetikkan kata sandi dengan dua cara ini akan sangat merepotkan sehingga alternatifnya adalah menggunakan keyboard Bluetooth. Tantangan lainnya saat mengakses tiga software ini adalah tampilan dari ikon dan elemen lainnya.

Menggunakan Microsoft Word, Excel, atau PowerPoint di Quest akan terasa sulit bagi pengguna yang tidak bisa menghadapi tampilan ikon yang kecil. Beberapa elemen juga tidak bisa digunakan dengan baik sehingga Meta masih harus memperbaiki akses ke tiga software ini.

Sebelumnya, di acara Connect 2022, Meta tidak hanya menjanjikan akses ke tiga perangkat lunak dasar dari Microsoft Office, tetapi juga Microsoft Outlook dan Teams. Meta juga mengatakan bahwa mereka akan menghadirkan pengalaman menggunakan Windows di Meta Quest.

Sejak tahun lalu, Meta tidak pernah mengungkapkan kapan rencana kerja sama antara Microsoft dan perusahaannya akan direalisasikan ke dalam Quest. Namun, melihat ke tiga software yang sudah ditambahkan, akses ke Microsoft Outlook dan Teams mungkin menyusul dalam waktu dekat.