Bagikan:

JAKARTA - Pada Kamis, 14 Desember Intel  mengumumkan bahwa puluhan produsen komputer pribadi menggunakan chip terbarunya, ketika perusahaan dan pelanggannya berupaya membujuk konsumen untuk meng-upgrade mesin mereka ke era baru chatbot.

Dalam sebuah acara pers di New York, Intel mengatakan bahwa penawaran baru ini akan tersedia di laptop dari Dell Technologies, Microsoft, Lenovo Group, dan lainnya yang akan dijual mulai Kamis di Best Buy  di Amerika Serikat dan pengecer global lainnya termasuk JD.com   di China dan Harvey Norman di Australia. Saham Intel pun naik hingga 3,6% setelah berita ini.

Unit pemrosesan pusat (CPU) Intel telah lama berfungsi sebagai otak sebagian besar komputer pribadi. Namun, chip baru yang dikenal dengan sebutan "Meteor Lake" adalah chip pertama Intel yang juga akan mengandung apa yang disebut sebagai unit pemrosesan neural (NPU), bagian dari chip yang didedikasikan untuk menangani tugas kecerdasan buatan.

Tawaran Intel kepada konsumen dan bisnis muncul ketika perusahaan ini berjuang keluar dari kemerosotan PC pasca-pandemi di mana pembeli yang meng-upgrade untuk bekerja dari rumah pada tahun 2020 tidak melihat alasan untuk membeli peralatan baru lagi.

CEO Intel, Pat Gelsinger, mengatakan selama acara tersebut bahwa Intel meyakini penggunaan chipnya akan membuat layanan kecerdasan buatan menjadi lebih murah, lebih cepat, dan lebih pribadi daripada menggunakan layanan berbasis pusat data cloud.

"Itu akan menjadi bintang utama dalam tahun mendatang," kata Gelsinger tentang kecerdasan buatan di PC. "Anda melepaskan kekuatan ini untuk setiap orang, setiap kasus penggunaan, setiap lokasi di masa depan."

Selama demonstrasi chip baru pada bulan September, Intel menunjukkan beberapa contoh pekerjaan kecerdasan buatan yang diharapkan dapat menarik minat, seperti men-transkripsi catatan suara tanpa harus mengirim data ke penyedia cloud pihak ketiga atau menghasilkan lagu dalam gaya bintang pop, Taylor Swift.

Pada Kamis lalu, Intel juga menunjukkan apa yang disebut sebagai versi kerja pertama dari chip bernama Gaudi 3, yang diharapkan akan menantang chip buatan Nvidia di pasar kecerdasan buatan pusat data.