AMD Rilis Prosesor Baru untuk Rebut Pasar Intel dan Membuatnya Ketinggalan Jaman
AMD berencana untuk menggunakan chip dalam 200 model laptop yang berbeda tahun ini. (foto; dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Advanced Micro Devices Inc (AMD) pada Selasa, 4 Januari merilis jajaran prosesor sentral baru untuk laptop, termasuk prosesor yang ditujukan untuk mengambil pangsa pasar dari saingannya, Intel Corp, di dunia PC korporat.

AMD sebelumnya telah mampu mengambil alih kepemimpinan Intel di pasar prosesor, dalam membuat chip tercepat untuk sebagian besar laptop berbasis Windows. Bahkan prosesor terbaru mereka telah membantu mendorong pangsa pasarnya menjadi 22% pada kuartal ketiga tahun lalu.

Chip Ryzen 6000 baru, yang diumumkan pada awal Consumer Electronics Show (CES) tahunan di Las Vegas, juga ditujukan untuk menjaga momentum itu. Bahkan Chip ini disebut-sebut membuat Intel seperti ketinggalan jaman.

AMD mengatakan Selasa lalu bahwa pembuat PC ini berencana untuk menggunakan chip dalam 200 model laptop yang berbeda tahun ini. Jumlah ini naik dari 150 model laptop pada tahun sebelumnya.

Mereka juga mengumumkan kesepakatan dengan Lenovo Group Ltd dalam memasok chip untuk model laptop baru yang disebut ThinkPad Z, “mesin mahal” yang ditujukan untuk pengguna korporat. Ini adalah pasar di mana pangsa pasar Intel, lebih lambat terkikis.

Seperti dilaporkan oleh Reuters, AMD mengatakan bahwa Asustek Computer Inc, Dell Technologies Inc  dan HP Inc  juga akan memperkenalkan mesin yang menggunakan chip baru mereka. Ini adalah awal kemenangan AMD atas Intel dalam menguasai pasar laptop.