Bagikan:

JAKARTA – Itch.io, situs web jual beli video game, mengumumkan bahwa perwakilan hukum dari Nintendo telah menghubungi mereka secara langsung karena permasalahan game tidak resmi.

Pada awal Desember 2023, seorang penggemar menciptakan Game Boy The Legend of Zelda: Link’s Awakening dan memublikasikannya di Itch.io.

Game ini dibuat hampir serupa dengan game aslinya, tetapi kualitasnya dirombak agar bisa berfungsi di PC modern.

Meskipun game ini bisa diunduh secara gratis, pihak Nintendo menganggap bahwa game itu telah melanggar hak cipta.

Maka dari itu, perwakilan hukum Nintendo mengirimkan surat resmi ke Itch.io agar game tersebut bisa segera dihapus.

“Harap bertindak secepatnya untuk menghapus halaman download dan informasi untuk game yang melanggar. Saya mempunyai keyakinan dengan iktikad baik bahwa materi tersebut tidak diizinkan oleh pemilik kekayaan intelektual, agennya, atau hukum,” tulis tim legal Nintendo dalam rilis yang dibagikan Itch.io.

Setelah pemberitahuan ini dikeluarkan, Game Boy The Legend of Zelda: Link’s Awakening sudah tidak bisa diakses.

Halaman untuk game tersebut menampilkan tulisan, “File game ini telah ditangguhkan karena klaim hak cipta atau merek dagang.”

Sebenarnya, penghapusan game ini bukan kabar yang mengejutkan. Mengutip dari Gamerant, sejumlah penggemar di komunitas Zelda mengaku tak heran dengan keputusan yang diambil oleh perwakilan hukum Nintendo.

Pasalnya, Nintendo cukup ketat dengan aturan hak cipta sehingga mereka sering menghancurkan game tiruan buatan penggemar.

Namun, beberapa penggemar juga merasa sedih karena mereka sudah tidak bisa memainkan game tidak resmi itu.