Angkat Budaya Bali, Game <i>Tirta</i> Bakal Hadir di PlayStation 5
Poster game Tirta (dok. Agate)

Bagikan:

JAKARTA - Developer game asal Bandung, Agate, dikabarkan sedang mempersiapkan game terbarunya yang diberi judul Tirta. Game ini disebut akan hadir untuk sejumlah platform, termasuk PlayStation 5 (PS5).

Melansir IGN, Tirta mengambil sebuah latar belakang kebudayaan yang ada di daerah Bali sebagai fokus cerita. Pemain akan diajak untuk berpetualang mengeksplorasi reruntuhan kuno dan menyelesaikan teka-teki.

Cuplikan game Tirta (dok. Agate)

Berdasarkan cuplikan videonya, gameplay dari Tirta terlihat cukup mirip dengan The Legend of Zelda: Breath of Wild atau mungkin Genshin Impact. Bedanya, Agate mengemas game ini dalam nuansa yang khas dengan budaya Indonesia.

Agate selaku developer mengatakan bahwa game ini dibuat untuk lebih memperkenalkan budaya Bali secara menyeluruh yang kental akan tempat keramat beserta ritual yang ada di pulau tersebut.

Sejauh ini, Tirta masih dalam tahap pengembangan yang rencananya akan dirilis pada 2022. Tak hanya bisa dimainkan di PS5, game Tirta juga bakal bisa dimainkan untuk PS4, PC dan Nintendo Switch. 

Agate sendiri telah dikenal sebagai studio lokal yang kerap menggarap game dengan nuansa, adat, dan budaya Indonesia. Adapun beberapa game populer besutan studio lokal tersebut seperti The Valthirian Arc: Hero School Story, Code Atma, dan Esports King