Sony Siap Rilis PlayStation 5 Pada 12 Juni
PlayStation 5 (Sony Interactive)

Bagikan:

JAKARTA - Sony akhirnya mengkonfirmasi ulang tanggal perilisan untuk PlayStation 5 (PS5). Bila tak ada halangan konsol game ini akan dijadwalkan pada 11 Juni mendatang. 

Lewat akun Twitter resminya, Sony mengumumkan event yang sempat tertunda di tanggal 4 Juni itu akan digelar pada 11 Juni pukul 01.00 siang waktu setempat atau 12 Juni pukul 03.00 dini hari di Indonesia. Melalui laman blognya Sony juga akan memamerkan sejumlah game yang akan hadir untuk konsol PS5.

"Kami akan memperlihatkan game yang dapat Anda mainkan setelah PlayStation 5 melunucur. Event ini akan berlangsung selama satu jam lebih dan kita semua akan bergembira bersama," tulis CEO Sony Interactive, Jim Ryan, seperti dikutip The Verge, Selasa, 9 Juni.

Sebelumnya, acara PS5 bertajuk 'The Future Gaming' ini sempat ditunda karena banyaknya aksi solidaritas dan unjuk rasa yang dipicu kematian warga kulit hitam, George Floyd. Sebagai bentuk solidaritas, PlayStation juga menyematkan tagar #BlackLiveMatter di akun media sosialnya.

Spesifikasi PS5

Hingga kini, Sony belum memberikan bocoran dari rupa konsol penerus PS4 itu. Selain stik kontroler barunya yang mengusung fitur DualSense, PlayStation masih bungkam mengenai konsol anyarnya ini. 

Namun dari berbagai bocoran, konsol game PS5 akan hadir dengan prosesor AMD Zen 2 octa-core. Chipset ini didukung GPU custom AMD RDNA 2, GDDR6 RAM 16GB, dan media penyimpan SSD sebesar 825GB dan performa sistem 5,5GB/s.

Konsol ini juga bakal mendukung resolusi 8K, 3D audio, 4K 120Hz. Dalam video promosi The Road to PS5, Ketua tim hardware PlayStation, Mark Cerny mengatakan, kemampuan rendering PS5 akan bekerja sangat cepat saat memainkan game dengan kemampuan grafis AAA sekali pun.

"Katakanlah di mana frekuensi perangkat keras berjalan bervariasi tergantung pada permintaan CPU dan GPU. Itu berarti PlayStation 5 bisa lebih banyak memainkan game lama maupun baru untuk tahun-tahun mendatang, di mana CPU dan GPU tidak akan selalu mencapai angka 3.5GHz dan 2.23GHz," kata Cerny.

Meski belum dikonfrimasi secara pasti, besar kemungkinan bentuk dari PS5 akan mengusung desain baru. Termasuk pula warna apa yang akan digunakannya, mengingat saat Sony meluncurkan PS4 konsol ini hadir serba hitam dengan bentuk yang ramping.