Buka-bukaan Sony untuk Spesifikasi PlayStation 5
Logo PlayStation 5 (dok. blog playstation.com)

Bagikan:

JAKARTA - Sony akhirnya mengungkapkan lebih banyak informasi mengenai spesifikasi hardware yang akan disematkan pada PlayStation 5 (PS5). Hal itu diumumkan Sony dalam secara live streaming.

Seperti diketahui, para fans sudah sangat menantikan wujud next-generation console dari PlayStation. Namun sayangnya hal itu masih belum diungkap Sony dalam waktu dekat.

Melansir dari IGN News, acara live streaming Sony diadakan pada 18 Maret pukul 9 pagi waktu setempat, atau Kamis 19 Maret dini hari untuk Indonesia. Sejauh ini, Sony sudah mengonfirmasi kalau PS5 bakal menggunakan CPU delapan core yang berbasis pada CPU AMD Ryzen generasi ke-3, serta GPU custom dengan arsitektur AMD Radeon Navi.

kinerja grafis super cepat PlayStation (tangkapan layar Sony PS5/YouTube)

Konsol ini juga bakal mendukung resolusi 8K, 3D audio, 4K 120Hz, opsi konsumsi daya rendah, serta kinerja GPU super kencang mencapai angka 10.28 teraflop. Konsol ini juga memiliki RAM GDDR6 16GB dan SSD 825GB sebagai storagenya.

Ketua tim hardware PlayStation, Mark Cerny mengatakan, kemampuan rendering PS5 akan bekerja sangat cepat saat memainkan game dengan kemampuan grafis AAA sekali pun. Bila dibandingkan di mana konsol PS4 membutuhkan waktu sekitar 20 detik untuk memuat satu gigabyte data, maka di PS5 hal itu memungkinkan untuk memuat lima gigabyte data dalam satu detik.

"Katakanlah di mana frekuensi perangkat keras berjalan bervariasi tergantung pada permintaan CPU dan GPU. Itu berarti PlayStation 5 bisa lebih banyak memainkan game lama maupun baru untuk tahun-tahun mendatang, di mana CPU dan GPU tidak akan selalu mencapai angka 3.5GHz dan 2.23GHz," kata Cerny.

Selama satu jam lebih, Sony hanya mengulik spesifikasi hingga kemampuan audio dari PS5 yang akan menjadi next-gen console. Tak sedikit pula gamer yang berharap, Sony akan mengumumkan rentang harga konsol, tanggal rilis, serta memperlihatkan gameplay dari satu atau dua game eksklusif yang bisa dimainkan di konsol PS5 ini.

Terlebih acara Sony ini diadakan beberapa hari setelah Microsoft mengungkapkan spesifikasi lengkap dari Xbox Series X. Di mana konsol Microsoft itu hadir dengan menggunakan CPU custom AMD Zen 2 dengan delapan core berkecepatan 3,8Ghz, serta GPU custom dengan arsitektur AMD RDNA 12 teraflops dan 52 compute unit dengan kecepatan masing-masing 1,825GHz.

Untuk storagenya Xbox Series X ini hadir dengan RAM GDDR6 16GB dengan storage SSD NVMe 1TB yang bisa ditambah hingga 1TB. Agak mengecewakan memang untuk para fans, tak sedikit yang berkomentar bila acara live streaming ini semacam kelas perkuliahan dari Sony.

Meski belum dikonfrimasi secara pasti, besar kemungkinan bentuk dari PS5 tidak akan sama seperti bocoran konsol yang beredar saat ini. Termasuk pula warna apa yang akan digunakannya, mengingat saat Sony meluncurkan PS4 konsol ini hadir serba hitam dengan bentuk yang ramping.