Mozilla Tambahkan Puluhan Ekstensi Baru di Firefox Android
Mozilla tambahkan ekstensi baru di Firefox (foto: dok. Mozilla)

Bagikan:

JAKARTA – Mozilla mengumumkan bahwa mereka telah menambahkan puluhan ekstensi baru di Firefox versi Android. Dengan penambahan ini, Firefox Android kini memiliki lebih dari 450 ekstensi.

Seperti yang dijelaskan oleh Mozilla dalam blog resminya, seluruh ekstensi ini merupakan karya para developer. Mereka bisa membuat dan menerbitkan ekstensi dengan bebas dan pengguna bisa memasangnya dengan mudah.

Bagi Wakil Presiden Teknik Firefox Vicky Chin, kebebasan yang diberikan kepada para developer ini merupakan bentuk dukungan atas ekosistem ekstensi terbuka di seluler. Terlebih lagi, Mozilla merupakan satu-satunya browser yang memiliki kemampuan ini.

“Kami sangat senang dapat menghadirkan pengalaman ini ke Firefox untuk Android karena kami merupakan satu-satunya browser Android yang mendukung ekosistem ekstensi terbuka,” kata Vicky.

Meski ekstensi di Firefox Android sudah hampir mencapai 500, Mozilla berencana untuk mengaktifkan lebih banyak ekstensi dalam beberapa waktu mendatang. Harapannya, pengguna bisa menemukan berbagai ekstensi yang mereka cari dengan mudah.

Mozilla pertama kali menyelesaikan pembangunan infrastruktur eksosistem ekstensi terbuka di Android pada Agustus lalu. Setelah rampung, mereka terus bekerja sama dengan para developer untuk menguji dan membuat ratusan ekstensi yang kompatibel.

Melalui kerja sama ini, Mozilla berhasil menambahkan ratusan ekstensi hanya dalam waktu beberapa bulan. Semua ekstensi ini bisa diakses melalui Mozilla Firefox Add-On Store atau situs web Addons.mozilla.org (AMO).