Mozilla Hadirkan Lebih dari 400 Ekstensi Firefox versi Android
Ekstensi Firefox di Android mengalami peningkatan (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Mozilla mengumumkan bahwa Firefox versi Android akan mendapatkan lebih banyak ekstensi buatan para developer. Seluruh ekstensi akan ditambahkan pada 14 Desember mendatang.

Dalam unggahan resminya, Mozilla mengatakan bahwa lebih dari 400 ekstensi yang dihadirkan akan tersedia secara umum untuk para pengguna. Ratusan ekstensi ini bisa diakses melalui addons.mozilla.org (AMO).

“Beberapa minggu yang lalu sepertinya kami akan meluncurkan beberapa ratus ekstensi Android, namun sekarang kami dapat mengatakan bahwa AMO akan memiliki 400+ ekstensi Firefox untuk Android,” kata Direktur Teknik Firefox, Giorgio Natili.

Ketika resmi diluncurkan, pengguna bisa mengakses AMO dan bisa menjelajahi seluruh ekstensi melalui halaman khusus Android. Selain itu Mozilla juga akan merilis beberapa lusin ekstensi terbuka untuk Android yang akan direkomendasikan di halaman.

Ekstensi Firefox untuk Android sebenarnya sudah hadir sejak lama, tetapi dukungan ekstensinya masih minim atau perpusatakaannya lebih terbatas karena Mozilla hanya merincikan ekstensi di halaman dukungan.

Mozilla mampu menyediakan lebih banyak ekstensi karena developer memiliki cara baru dalam mem-porting ekstensi desktop ke Android. Bahkan, Mozilla mendukung porting ekstensi ini melalui online workshop mereka.

Sejalan dengan banyaknya ekstensi yang bisa diakses pengguna, Mozilla berencana mendesain ulang perpustakaan AMO agar tampilan opsinya menjadi lebih baik. Ekstensi yang bisa dilihat pun akan menjadi lebih banyak dari desain terbaru.