Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi meluncurkan dokumen Visi Indonesia Digital (VID) 2045, yang berisikan rekomendasi arah kebijakan dan strategi nasional bidang digital. 

Dengan peluncuran VID 2045, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi berharap itu bisa menjadi acuan seluruh pemangku kepentingan dalam melakukan transformasi digital di Indonesia. 

Peluncuran dokumen strategi ini dilakukan bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada Rabu, 13 Desember. 

Dokumen meliputi Rencana Induk Pengembangan Industri Digital Indonesia yang disusun Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) serta Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030 yang diterbitkan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian awal Desember lalu. 

“Seluruh dokumen tersebut merupakan upaya baik yang patut diapresiasi. Selanjutnya bagaimana implementasinya dapat dilakukan secara sinergis dan kolaboratif,” kata Budi dalam siaran resminya. 

Budi juga menambahkan, “VID 2045 menawarkan alternatif guna memperkaya upaya dan strategi yang sudah ada, dengan menyoroti pemanfaatan teknologi digital secara produktif dan terarah.”

VID 2045 menggambarkan analisis terhadap identifikasi isu relevan, perkembangan tren teknologi, peluang, serta pertimbangan terhadap dampak ekonomi, sosial, dan budaya dalam penyelenggaraan transformasi digital. 

Dokumen Visi Indonesia Digital 2045 dapat diunduh melalui situs digital2045.id