Bagikan:

 

JAKARTA – Sejak diluncurkan pada tahun 2010, Instagram merupakan platform yang tepat untuk menyimpan momen berharga. Pengguna bisa mengabadikan peristiwa dalam format foto dan video.

Seluruh foto dan video yang dibagikan akan tersimpan dengan aman di akun pengguna dan tak akan pernah hilang kecuali dihapus. Namun, baru-baru ini Instagram dilaporkan memiliki masalah pada unggahan lama.

The Verge melaporkan bahwa sejumlah video yang diunggah di Instagram kehilangan audio tanpa sebab yang jelas. Video yang tidak berfungsi secara normal ini dapat dilihat pada unggahan sebelum tahun 2014.

Audio dari video lama terlihat tidak berfungsi di seluruh perangkat, mulai dari desktop, iOS, hingga Android. The Verge memastikan bahwa kerusakan audio ini bukan karena masalah hak cipta, tetapi karena pihak Instagram sendiri.

Keluhan karena audio yang hilang banyak dibahas di platform Reddit. Beberapa pengguna mengeluh bahwa video lama mereka tidak memunculkan suara apa pun, padahal video yang ingin mereka lihat merupakan video yang cukup berharga.

Ada pengguna yang mengatakan bahwa ia tidak bisa mendengar suara anjingnya yang sudah meninggal. Selain itu, ada juga pengguna yang mengatakan bahwa ia ingin mengecek kembali video bersama temannya yang sudah tiada, tetapi suaranya tidak muncul.

Dari banyaknya keluhan yang muncul di platform Reddit, bisa disimpulkan bahwa masalah audio ini sudah terjadi sejak awal tahun. Namun, keluhan terkait audio Instagram paling banyak muncul di sekitar bulan Mei dan Juni.

Jika hal ini memang terjadi pada semua video lama, Instagram mungkin sengaja ingin menghapus suara dari video-video tersebut atau mungkin ada masalah pada bug. Namun, ini semua masih dugaan karena Instagram belum memberikan penjelasan resmi.