Pengguna iPhone Kini Bisa Berkomunikasi dengan Pemakai Android Melalui FaceTime
Pengguna Android kini bisa bergabung dalam panggilan FaceTime (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Berpindah dari Android ke iPhone bukanlah satu-satunya cara untuk berkomunikasi melalui FaceTime dengan teman-teman Anda. Dengan adanya pembaruan iOS 15, pemilik iPhone kini dapat mengundang teman dan keluarga yang menggunakan Android untuk bergabung dalam panggilan FaceTime dengan cara membuka aplikasi dan membuat tautan bergabung.

Meskipun memilih nama orang untuk bergabung dalam panggilan video masih bukan opsi yang tersedia, segera setelah membuka aplikasi FaceTime, di bagian atas layar terdapat dua opsi: 'Buat Tautan' dan 'FaceTime Baru'.

Pengguna iPhone dapat membuat tautan FaceTime agar pengguna Android dapat bergabung dalam panggilan video. Tautan ini akan membuka panggilan di peramban Chrome atau Edge di Android.

Pemberitahuan di bawah opsi 'buat tautan' menyatakan bahwa pengguna iPhone dapat memilih tombol untuk mengundang siapa pun dalam panggilan, termasuk pengguna Android dan perangkat Windows.

Fitur ini bekerja mirip dengan panggilan Zoom - setelah tautan dipilih, opsi untuk menambahkan nama ke tautan akan muncul, dan setelah memilih nama orang tersebut, akan secara otomatis menghasilkan teks kepada orang tersebut dengan tautan terlampir.

Ketika pengguna Android mengklik tautan, panggilan FaceTime akan diluncurkan di peramban situs web Chrome atau Edge mereka. Namun, peramban lain seperti Firefox dan Samsung mungkin tidak mengenali tautan tersebut dan malah menampilkan pesan kesalahan.

Seperti pada grup pesan teks antar iPhone, pengguna dapat memberi nama grup FaceTime sebelum mengirimkan tautan dengan memilih opsi 'Tambahkan Nama' dan mengetikkan nama seperti 'panggilan keluarga,' 'klub buku,' atau 'malam bersama,' sebagai contoh.

Fitur ini juga mencoba bersaing dengan opsi panggilan video lainnya seperti Google Meet atau Zoom dengan menyertakan opsi kalender untuk menjadwalkan panggilan FaceTime di masa mendatang.

Dengan memilih ikon 'Tambah' atau '+' di bagian atas aplikasi Kalender Apple, pengguna iPhone dapat mengetikkan 'panggilan video' ke dalam bilah lokasi dan memilih FaceTime atau menempelkan tautan yang dibuat untuk pengguna non-iPhone langsung ke aplikasi.

Anda dapat berbagi tautan dengan orang lain dengan membuka aplikasi FaceTime di mana panggilan yang dijadwalkan akan disinkronkan dari kalender dan dapat dibagikan secara langsung.

Keunggulan dari trik ini adalah, berbeda dengan panggilan video lainnya, tautan tidak kedaluwarsa secara otomatis, sehingga Anda dapat terus menggunakan tautan yang sama untuk semua panggilan masa depan dengan orang yang sama.

Jika Anda ingin menonaktifkan tautan, orang yang membuat tautan harus menghapusnya dengan menggeser ke kiri pada nama tautan melalui layar beranda aplikasi dan memilih tombol 'hapus'.

Pengguna juga dapat menghapus tautan dengan mengetuk ikon 'i' di sisi kanan tab dan kemudian memilih 'hapus tautan.'

Namun, begitu tautan dibuat, pengguna Android, inilah saat Anda untuk bersinar dan menginisiasi panggilan FaceTime.

Setelah Anda mendapatkan tautan FaceTime, pengguna Android dapat menandainya dalam peramban mereka dan mengklik tombol 'Bergabung' yang akan mengirim pemberitahuan kepada pengguna iPhone yang membuat tautan.

Pengguna iPhone akan melihat pemberitahuan bahwa 'seseorang meminta untuk bergabung,' dan dapat mengetuk pemberitahuan tersebut untuk memulai panggilan yang diinisiasi oleh pengguna non-Apple.

Apple meluncurkan opsi tautan FaceTime di Worldwide Developers Conference pada Maret 2021, namun, entah bagaimana, ini masih tetap menjadi salah satu rahasia terbaik Apple.