Bagikan:

JAKARTA - KuCoin, platform kripto global, melalui divisi investasinya KuCoin Ventures, mengumumkan kemitraan strategis dengan The Open Network (TON) Foundation, sebuah jaringan blockchain publik yang terintegrasi dengan aplikasi perpesanan Telegram. Kemitraan ini bertujuan untuk mendukung dan memperluas ekosistem TON dengan memberikan hibah sebesar 20.000 dolar AS (Rp309,1 juta).

TON adalah jaringan blockchain generasi ketiga yang menawarkan skalabilitas tinggi, interoperabilitas, dan keamanan. TON juga memungkinkan pengembangan mini-app, yaitu aplikasi ringan yang dapat dijalankan di dalam Telegram tanpa perlu mengunduh atau memasang. Mini-app berbasis TON dapat menawarkan berbagai layanan dan fungsi, mulai dari pembayaran, GameFi, hingga NFT.

KuCoin Ventures, sebagai salah satu investor terkemuka di ruang kripto dan blockchain, berkomitmen untuk mendukung inovasi dan pengembangan ekosistem TON. KuCoin Ventures akan mengalokasikan dana hibahnya untuk membiayai lima mini-app berbasis TON, dengan fokus pada revolusi sistem pembayaran dan inovasi platform GameFi di ruang Web3.

Ian Wittkopp, Kepala Accelerator TON Foundation, menyambut baik kemitraan ini dan mengatakan, "Kemitraan hari ini dengan KuCoin Ventures adalah titik akselerasi dalam momentum pengembangan mini-app di The Open Network… Upaya KuCoin Ventures sejalan dengan visi TON untuk masa depan digital yang lebih mudah diakses dan terdesentralisasi bagi semua orang."

Alicia Kao, Direktur Utama KuCoin, juga mengekspresikan antusiasmenya dan menekankan potensi blockchain TON dalam merevolusi industri. Dia berkata, "Kami sangat senang bermitra dengan TON Foundation untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan ekosistem TON. Aliansi strategis ini sejalan dengan misi kami untuk mempromosikan perkembangan lebih lanjut dalam industri kripto dan blockchain melalui kerja sama yang lebih erat."

Selain mendukung pengembangan mini-app, KuCoin Ventures juga berencana untuk berpartisipasi dalam berbagai inisiatif penting lainnya dalam ekosistem TON, seperti Future3 Campus dan TON Bootcamp, yang merupakan program inkubasi yang mendorong inovasi, penelitian, dan pengembangan untuk meningkatkan kesadaran TON.

Kemitraan ini menunjukkan komitmen KuCoin dalam mendorong inovasi dan pengembangan ekosistem terdesentralisasi. Sebelumnya, KuCoin juga telah berinvestasi dalam platform peminjaman Credora dan mendukung penerbit stablecoin CNHC.

Kemitraan antara KuCoin Ventures dan TON Foundation juga mencerminkan tren lebih luas dalam dunia blockchain, di mana pertukaran kripto semakin terlibat dalam kemitraan strategis dengan investasi keuangan yang signifikan. Langkah-langkah ini bertujuan untuk memperkuat inovasi dan mendorong ekspansi ekosistem terdesentralisasi. Contoh lain melibatkan pertukaran Binance dan OKEx, yang bermitra dengan Polygon untuk meningkatkan skalabilitas dan aksesibilitas aplikasi terdesentralisasi.