KuCoin Bakal Perdagangkan Toncoin (TON), Kripto Milik Telegram
Toncoin TON mulai diperdagangkan di KuCoin. (Foto; Dok. Telegaon)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu perusahaan perdagangan kripto terkemuka, KuCoin, dilaporkan bakal memperdagangkan kripto yang terafiliasi dengan Telegram, yaitu Toncoin (TON). Rencananya TON bakal mulai diperdagangkan pada 27 Oktober, pukul 10 pagi tadi sebagaimana yang disampaikan langsung oleh pihak KuCoin.

KuCoin menyediakan pasangan perdagangan TON/USDT dalam perdagangan spotnya. Perusahaan mengumumkan bahwa penarikan bakal bisa dilakukan mulai 28 Oktober pukul 10 pagi besok. Pengumuman ini mengikuti langkah bursa kripto Huobi yang sudah terlebih dahulu memperdagangkan TON pada bulan September lalu.

Sebelum pencatatan koin, lini perusahaan ventura KuCoin, KuCoin Ventures, bekerja dengan ekosistem TON, memimpin penciptaan Dana Ekosistem Toncoin senilai 250 juta dolar AS bersama Huobi Incubator. Tim pengembangan Toncoin mengindikasikan bahwa airdrop koin dan insentif staking akan menyertai listing TON, sebagaimana dilansir DailyCoin.

Informasi tambahan, Toncoin adalah koin asli dari blockchain TON. TON pada awalnya merupakan akronim untuk Telegram Open Network. TON dirancang pada tahun 2018 oleh Durov Brothers, pendiri Telegram Messenger. Namun, Telegram keluar dari proyek pada tahun 2020. TON kemudian diserahkan kepada TON Foundation, yang telah mengembangkannya lebih lanjut sejak saat itu.

Selama beberapa bulan terakhir, blockchain TON telah mengalami banyak perkembangan. Pada tanggal 19 Agustus, TON Foundation mengumumkan pembaruan terbaru untuk bot @wallet, yang memungkinkan transaksi P2P mata uang kripto secara langsung melalui obrolan Telegram. Telegram juga mengumumkan peluncuran marketplace nama pengguna yang dibangun di atas blockchain TON.

Sebelumnya, pada tahun 2018, penawaran koin awal Telegram TON mengumpulkan hampir 1,7 miliar dolar AS dengan penjualan token GRAM. Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) kemudian mengambil sikap keras terhadap TON karena tindakan regulasi. Untuk menyelesaikan tuduhan SEC, perusahaan harus mengembalikan 1,2 miliar dolar kepada investor dan membayar denda 18,5 juta dolar AS.

Saat penulisan, Toncoin diperdagangkan di harga 1,88 dolar AS per TON. Harga kripto TON mengalami kenaikan sebesar 4 persen dalam 24 jam terakhir berdasarkan data dari CoinMarketCap.