JAKARTA – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. disebutkan telah menjalin kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) dalam rangka perluasan jaringan sistem pembayaran. Lewat kerja sama ini, Bank Muamalat menjadi anggota jaringan Link yang dikelola oleh Jalin.
Direktur Operasi dan Digital Wahyu Avianto mengatakan kemitraan ini semakin meningkatkan akses nasabah ke jaringan pembayaran yang lebih luas. Menurut dia penambahan saluran pembayaran baru ini nasabah Bank Muamalat dapat melakukan transfer dan tarik tunai, pembayaran tagihan, pembelian produk dan layanan, hingga pembayaran e-commerce melalui ATM berlogo Link.
“Kami berkomitmen meningkatkan kualitas layanan yang mencakup keamanan, kehandalan dan kenyamanan nasabah dengan menawarkan lebih banyak opsi pembayaran. Selain itu, kerja sama ini diharapkan dapat membantu bank agar tetap kompetitif di pasar dan menarik nasabah baru yang menginginkan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi," ujarnya dalam keterangan tertulis pada Selasa, 9 Mei.
Wahyu menjelaskan, saat ini lebih dari 60 persen transaksi nasabah Bank Muamalat dilakukan melalui ATM bank-bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang dikelola oleh Jalin.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jalin Eko Dedi Rukminto mengungkapkan pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap penyediaan infrastruktur keuangan digital bagi Bank Muamalat sebagai member jaringan Link utamanya melalui kanal ATM dan debit.
BACA JUGA:
“Kami menyambut baik sinergi yang terbentuk antara Bank Muamalat dan Jalin dalam rangka memberikan layanan keuangan yang aman, nyaman, dan semakin luas untuk nasabah,” tuturnya.
Eko menyebut Jalin kini mengelola layanan jaringan switching Link dan memiliki market share terbesar di kategori produk Debit Switching GPN. Kata dia, dengan menyandang status sebagai lembaga Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP), Jalin mulai bertransformasi menjadi digital enabler yang menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan nonfinansial.
“Kemitraan yang terjalin dengan Bank Muamalat ini juga diharapkan dapat menjadi pijakan strategis ke arah kolaborasi pengembangan inovasi produk dan layanan digital yang semakin luas, bervariasi, dan memberikan manfaat untuk nasabah Bank Muamalat,” tutup Eko