Bagikan:

 

JAKARTA – Microsoft mengumumkan bahwa perusahaannya telah menambahkan mode hemat energi di Windows 11 Insider Preview Build 26002 untuk membantu baterai menghemat daya.

Mode yang baru ditambahkan ini akan memperpanjang masa pakai baterai dan mengurangi penggunaan energi karena kinerja dari beberapa sistem dikurangi. Mode ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan dengan mudah.

Untuk mengaktifkan mode ini, pengguna hanya perlu membuka Pengaturan, kemudian pergi ke Sistem, pilih Daya, dan pilih Penghemat Daya. Di menu tersebut, pengguna bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fiturnya di berbagai situasi.

Menariknya, fitur baru ini juga bisa digunakan untuk menghemat listrik. Setiap kali laptop sedang diisi dayanya dan pengguna menyalakan mode tersebut, energi listrik yang perangkatnya pakai akan berkurang secara otomatis.

“Meskipun dioptimalkan untuk memperpanjang masa pakai baterai, penghemat energi akan tersedia saat PC tersambung ke sumber listrik bagi mereka yang ingin menghemat energi setiap saat,” tulis Microsoft melalui Windows Blog.

Selain menambahkan mode menghemat energi di Windows 11 Insider Preview Build 26002, Microsoft juga menambahkan perubahan dan perbaikan di Bilah Tugas dan Baki Sistem untuk menoptimalkan penggunaan laptop.

Pengguna bisa meningkatkan kinerja dan daya tanggap, mempermudah pengelolaan VPN, menyegarkan daftar jaringan nirkabel yang tersedia melalui tombol baru, hingga pemberitahuan untuk akun Microsoft.