Huawei dan Sharp Tandatangani Perjanjian Lintas Lisensi Paten Global untuk 4G dan 5G
Huawei tandatangani perjanjian lintas lisensi paten global dengan Sharp (foto: Huawei)

Bagikan:

JAKARTA - Huawei dan Sharp mengumumkan penandatanganan perjanjian lintas lisensi paten global jangka panjang yang baru, yang mencakup Paten Esensial Standar Seluler, termasuk 4G dan 5G.

“Kami sangat senang bisa mencapai kesepakatan baru dengan Sharp melalui diskusi yang bersahabat,” kata Alan Fan, Kepala Departemen Kekayaan Intelektual Huawei dalam pernyataan resminya di blog Huawei pada Senin, 27 November. 

Fan mengatakan bahwa lisensi ini mewakili saling pengakuan atas kekayaan intelektual dari dua kontributor standar, yang mendorong kolaborasi standardisasi. 

“Kami menikmati kerja sama dengan rekan-rekan Jepang dan global dalam mengembangkan standar, dan akan terus melakukannya,” tambah Fan lebih lanjut. 

Melalui standar teknis tingkat lanjut ini, kedua perusahaan berharap ini akan dapat meningkatkan pengalaman pengguna, mendorong persaingan, dan mengurangi biaya perangkat dan layanan. 

“Kami gembira telah mencapai perjanjian lintas lisensi paten global dengan Huawei dalam kondisi yang adil, masuk akal, dan tidak diskriminatif,” ungkap Mototaka Taneya, Executive Managing Officer, Chief Technical Officer, dan Head of R&D Sharp. 

Menurut Taneya, perjanjian ini mencerminkan bahwa kedua belah pihak, baik Huawei maupun Sharp saling menghormati nilai tinggi kekayaan intelektual masing-masing.