Produsen Mobil Sepakat Bayarkan Lisensi Paten dari 51 Perusahaan Teknologi ke Avanci
Renault sepakat bayar paten teknologi ke Avanci. (foto: twitter @renault_fr)

Bagikan:

JAKARTA - Lebih dari selusin produsen mobil di dunia, termasuk Toyota dan Nissan, telah mendaftar dengan platform untuk lisensi paten dari 51 perusahaan teknologi. Ini ditujukan untuk menyederhanakan akses ke teknologi nirkabel dan menghindari pertempuran hukum yang mahal.

Konflik hukum sebagian berasal dari pandangan yang berbeda di antara pembuat mobil, pemasok, dan perusahaan teknologi tentang siapa yang harus menanggung biaya lisensi.

Melalui pasar lisensi independen Avanci, pembuat mobil mendapatkan akses ke paten untuk teknologi 2G, 3G dan 4G dari Nokia Finlandia, Ericcson Swedia dan Acer Taiwan untuk semuanya mulai dari sistem navigasi ke sensor untuk mengemudi otomatis.

Avanci membebankan biaya tetap sebesar 20 dolar AS per mobil. Jumlah ini meningkat pada bulan ini dari sebelumnya hanya 15 dolar AS, yang uangnya didistribusikan di antara para pemegang paten.

“Penandatanganan baru, yang juga termasuk Renault, Stellantis, dan Honda, berarti 80-85% mobil dengan teknologi 2G atau lebih tinggi sudah dilisensikan melalui platform,” kata  wakil presiden Avanci Mark Durrant dalam sebuah wawancara, yang dikutip Reuters.

Model ini memungkinkan pembuat mobil untuk menghindari pertempuran atas royalti yang terjadi antara pembuat smartphone seperti Apple  dan Samsung  dan perusahaan telekomunikasi, yang bernegosiasi satu-satu untuk lisensi mereka.

"Pasar mobil terlalu terpecah sehingga tidak layak bagi pemilik paten untuk bernegosiasi dengan masing-masing pemain," kata sumber industri, yang menolak disebutkan namanya karena perjanjian kontrak. "Ini masalah efisiensi.”

Mercedes-Benz, kemudian Daimler, mengakhiri perselisihan selama bertahun-tahun atas penggunaan patennya tahun lalu dengan Nokia setelah akhirnya dipaksa untuk membayar royalti.

Volkswagen  juga  digugat oleh Acer karena menggunakan teknologi 4G-nya tanpa izin yang sesuai. Pembuat mobil pada Maret lalu juga menandatangani kontrak dengan Avanci, yang mencakup paten Acer, untuk menyelesaikannya.

Sementara pemasok secara historis membayar lisensi paten di bidang-bidang seperti desain mesin, menurut sumber industri otomotif dengan pengalaman negosiasi lisensi, perusahaan teknologi lebih suka berurusan langsung dengan pembuat mobil daripada paten telekomunikasi.

"Biasanya pemasok menangani paten dalam proses pengembangan - telekomunikasi adalah satu-satunya area di mana mereka tidak," kata orang yang menolak disebutkan namanya itu.

Avanci juga bekerja sama dengan perusahaan dalam kontrak baru untuk mencakup paten 5G, yang kemungkinan akan lebih mahal daripada portofolio paten saat ini.