Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan fitur disabilitas baru di situs resminya yaitu kominfo.go.id, guna membantu masyarakat dengan kebutuhan khusus untuk memperoleh informasi publik dengan mudah.

“Secara keseluruhan, yang kita tahu kaum disabilitas ini jumlahnya mencapai 8,5 persen dari total populasi Indonesia, ada sekitar hampir 23 juta, dan mereka banyak sekali mengalami diskriminasi mereka tidak bisa menikmati apa yang harusnya dinikmati sebagai warga negara Indonesia,” ucap wakil Menteri Kominfo Nezar Patria dalam acara Peluncuran Fitur Disabilitas di Website Kominfo pada Selasa, 21 November. 

Dengan adanya fitur ini, Nezar berharap masalah-masalah tersebut bisa dihilangkan, dan semua lapisan masyarakat termasuk kaum disabilitas bisa mendapatkan akses yang mudah ke informasi publik. 

“Jadi persoalan disabilitas adalah persoalan hak asasi manusia dan persoalan anti diskriminasi itu yang paling penting. Itulah kenapa kemudian semua fasilitas publik itu harus memberikan ruang buat kaum disabilitas,” tuturnya lebih lanjut. 

Bersamaan dengan peluncuran fitur disabilitas ini, Kominfo juga meluncurkan satu fitur di metanesia.id, satu platform yang dimiliki oleh Telkom untuk metaverse. 

“Kominfo hadir di sana dengan sejumlah fitur-fitur juga misalnya bisa mengakses museum pers, lalu sejumlah produk yang dihasilkan oleh sekolah tinggi multimedia yang berada di Yogyakarta di bawah asuhan Kominfo,” tutur Nezar. 

Meskipun kedua fitur ini merupakan inovasi baru dari Kominfo, Nezar mengatakan bahwa ke depannya Kementerian Kominfo akan terus meningkatkan aksesibilitas dan inklusivitasnya di masa mendatang. 

“Kita berharap juga nanti metanesia.id ini juga bisa ramah buat kaum disabilitas bisa diakses juga oleh saudara-saudara kita penyandang disabilitas. Jadi kominfo mendukung hal ini untuk dalam rangka meningkatkan inklusivitas digital di tanah air,” pungkasnya. 

Kedua inovasi Kominfo ini sudah bisa Anda nikmati mulai hari ini. Jika Anda mengakses situs kominfo.go.id, Anda bisa langsung menemukan tombol disabilitas di bagian kiri bawah layar.