Bagikan:

JAKARTA - Bersama Digital Data Centres (BDDC) menggelar seremoni penyelesaian pembangunan (topping off) BDDC JST1 (Jakarta - Selatan - Timur), yang merupakan pusat data tier IV BDDC di Jakarta.

Pusat Data ini ini nantinya akan difokuskan pada peningkatan kapasitas dan efisiensi, reliabilitas yang lebih baik dengan inovasi yang terus berkembang, serta menjadi bukti upaya BDDC dalam mendorong percepatan dan pemenuhan kebutuhan infrastruktur digital di Indonesia.

Melihat terus meningkatnya jumlah penetrasi internet di seluruh Indonesia (78,19 persen), BDDC hadir sebagai platform kolaborasi antar pemain-pemain di industri ini turut mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

Setelah resmi diluncurkan pada Mei 2023, BDDC hadir melalui akuisisi dari dua data center dalam kota yang diproyeksikan memiliki kapasitas mencapai 60 megawatt, dan akan memperkuat interkonektivitas di Jakarta.

"Tujuan kami hanya satu, yaitu menyediakan sebuah platform untuk berkolaborasi antara pemain-pemain di industri di Indonesia. Kami menjadikan BDDC ini sebagai platform kolaborasi antar pemain digital agar bersama-sama kita mendorong tumbuhnya ekonomi digital di Indonesia," kata Komisaris Utama Bersama Digital Data Centres (BDDC), Setyanto Hantoro dalam sambutannya di acara Topping Off BDDC pada Selasa, 21 November di Jakarta.

Di waktu yang sama, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif Angga berharap kolaborasi APJII dengan BDDC ini bisa menjadi langkah baru dalam mengatasi  mengatasi peak dari traffic yang ada.

"Ini perlu kita kolaborasikan karena kehadiran infrastruktur data center seperti ini di BDDC dan mungkin di tempat lainnya jadi salah satu sinergi yang bagus antara penyelenggara data center dan para penyelenggara ISP yang sudah tersebar banyak di Indonesia," tutur Arif.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi juga turut mengatakan bahwa Kominfo secara konsisten mendorong dan mendukung tumbuhnya ekosistem digital yang mampu menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

"Saya mengapresiasi setiap inisiatif sektor swasta dalam menumbuhkan potensi ekonomi baru dalam rangka akselerasi transformasi digital nasional. Untuk itu saya mengucapkan selamat dan sukses untuk BDDC," ungkap Budi.

BDDC sendiri memiliki empat keunggulan utama dalam perannya mendorong ekosistem digital yang solid yakni Interconnectivity, Scalability, Reliability, dan Sustainability

"Keunggulan ini akan menjadi ujung tombak pelayanan BDDC JST, sehingga mendorong pertumbuhan bisnis pada pengguna layanan data center kami," pungkas Presiden Direktur Bersama Digital Data Centres (BDDC) Angelo Syailendra.