Potensi Besar, Bank Mandiri Jajal Metaverse untuk Ekspansi Bisnis
Ilustrasi (Foto: Dok. Bank Mandiri)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk. dilaporkan siap memperluas cakupan bisnis di bidang layanan digital dengan merambah ekosistem Metaverse. Rencana ekspansi ini diwujudkan melalui kerja sama dengan WIR Group yang merupakan perusahaan pengembang teknologi augmented reality dan Metaverse terkemuka di Asia Tenggara.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan kolaborasi ini akan memberikan warna baru khususnya dalam sektor perbankan. Menurut dia, Metaverse merupakan bentuk paling nyata dalam menghadirkan fitur visi beyond banking.

“Metaverse merupakan tempat yang ideal untuk melakukan ekspansi bisnis digital secara menyeluruh tanpa dibatasi oleh ruang fisik,” ujarnya dalam keterangan pers pada Rabu, 16 Maret.

Darmawan menambahkan, beberapa hal yang akan digali perseroan dari fitur terbaru ini mulai dari basic banking seperti virtual branch hingga layanan yang bersifat beyond banking.

“Melalui Metaverse, Bank Mandiri juga turut akan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang sejalan dengan visi pemerintah Indonesia,” tuturnya.

Lebih lanjut, Darmawan menjelaskan jika kehadiran industri jasa keuangan di Metaverse sendiri baru memasuki tahap pengembangan awal. Dia tidak menutup kemungkinan jika dunia virtual ini akan menjadi lokasi berkembangnya future banking yang berbasis advanced technology.

“Kami yakin masa depan perbankan digital tentu akan sangat berbeda dengan hari ini,” tegasnya.

Sebagai informasi, Metaverse merupakan platform berbasiskan teknologi AR, VR dan AI yang mampu mewujudkan interaksi di dunia virtual yang unik, selayaknya urban lifestyle di kehidupan nyata.

Adapun, bank dengan ticker emiten BMRI ini memandang jika potensi potensi keuangan digital di Indonesia sangat besar yang terlihat dari porsi pengguna internet mencapai 73 persen dari total populasi saat ini.

“Kedepannya akan banyak fitur-fitur baru yang dikembangkan, termasuk Metaverse. Bank Mandiri, secara konsisten akan memberikan value proposition dan banking experience yang terbaik, lebih fresh, serta tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan nasabah dalam mengakses berbagai layanan kami,” tutup Darmawan.