Peluncuran Huawei Mate 60 Tingkatkan Penjualan di China Hingga 11 Persen
 Huawei dorong peningkatan penjualan ponsel di China (foto: dok. Huawei)

Bagikan:

 

JAKARTA – Penjualan dari Huawei membantu peningkatan distribusi ponsel di China pada bulan Oktober. Dari riset Counterpoint, Huawei berhasil meningkatkan penjualan sebesar 11 persen.

Data yang dibagikan Counterpoint, firma riset produk industri, menyatakan bahwa Huawei menjadi kontributor utama dalam pertumbuhan rata-rata year-on-year (yoy) di bulan Oktober karena penjualannya yang meningkat sebesar 83 persen.

Mayoritas penjualan ini didukung oleh seri smartphone terbaru mereka, yaitu Huawei Mate 60. Ponsel ini diluncurkan pada Agustus lalu dengan menggunakan chip hasil produksi sendiri.

“Yang paling menonjol di bulan Oktober adalah Huawei dengan perubahan haluan melalui perangkat seri Mate 60. Pertumbuhannya luar biasa,” kata Analis Counterpoint China Archie Zhang, dikutip VOI dari Reuters.

Sejalan dengan ramainya pembicaraan chip canggih di Huawei Mate 60, permintaan produksi untuk perangkat ini sudah mencapai dua digit. Zhang mengatakan, “Kami melihat halo effect, dengan model lain dari vendor yang berkinerja baik.”

Meski sejauh ini permintaan Mate 60 cukup baik, Huawei tetap harus berhati-hati dengan masalah produksi. Pihak Counterpoint mengatakan bahwa tingkat produksi saat ini menjadi penentu utama dalam pertumbuhan dan perluasan pasar mereka.

Sebelum Mate 60 hadir, penjualan ponsel di China sempat mengalami penurunan hingga 3 persen selama beberapa kuartal. Penurunan ini terus berjalan hingga dua bulan sebelum peluncuran Mate 60.

Sekarang, China patut berbahagia karena penjualan ponsel dari negara mereka sedang meningkat. Selain Huawei, Xiaomi juga ikut berkontribusi dengan peningkatan penjualan mencapai 33 persen.