Bagikan:

JAKARTA - Raksasa teknologi China, Huawei, telah membuka kesempatan bagi pelanggan untuk mendaftarkan minat mereka pada model smartphone yang belum dijelaskan spesifikasinya. Ini membangkitkan antisipasi bahwa versi terbaru dari seri P telepon premium mereka akan segera hadir.

Perusahaan ini kembali ke pasar smartphone premium tahun lalu dengan seri Mate 60 mereka, peluncuran yang dirayakan oleh media negara sebagai kemenangan atas sanksi AS terhadap perusahaan. Peluncuran ini juga menjadi sebab atas penurunan tajam dalam penjualan iPhone Apple di China.

Spekulasi telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir bahwa Huawei akan segera meluncurkan P70, yang diharapkan, seperti Mate 60, mengandung chip buatan China yang canggih. Seri P Huawei memiliki kamera canggih dan dikenal dengan desainnya yang ramping, sementara seri Mate, juga high-end, menekankan performa dan fitur bisnis.

Peluncuran produk Kamis 11 April, untuk model mobil pintar dan laptop tidak menyebutkan telepon, mengecewakan sejumlah besar penggemar yang mengeluh secara online. Tetapi pada Jumat, 12 April, pemeriksaan yang dilakukan oleh Reuters di tiga toko Huawei di Beijing menemukan bahwa pembeli yang tertarik dapat mendaftar untuk menerima informasi tentang telepon tanpa melakukan deposit.

Pelanggan yang terdaftar akan diberi tahu tentang spesifikasi dan warna telepon seiring berjalannya waktu, kata staf penjualan. Huawei sendiri menolak untuk berkomentar tentang hal ini.

Mate 60, yang diluncurkan secara menonjol selama kunjungan Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo, ke China, tidak melibatkan iklan sebelumnya atau pengungkapan spesifikasi, mendorong beberapa pengguna dan perusahaan untuk membongkar telepon saat mereka berusaha mencari tahu kemampuannya.

“Huawei membunuh dua burung dengan satu batu,” kata Will Wong, seorang analis dari firma penelitian IDC, tentang taktik ini. Dia mencatat bahwa perusahaan dapat menjaga profil rendah di tengah ketegangan perdagangan AS-China sambil menghasilkan suasana misteri dan kegembiraan atas peluncuran.

Archie Zhang, seorang analis smartphone di Counterpoint Research, mencatat bahwa ketersediaan stok telah menjadi kendala yang signifikan untuk Mate 60 dan kemungkinan besar juga untuk P70.

Huawei harus memperlambat produksi telepon Mate 60 karena kendala produksi dan kebutuhan untuk memprioritaskan pembuatan chip kecerdasan buatan, kata sumber.