CEO OpenAI dan Elon Musk Saling Ledek di Media Sosial Mengenai Kecerdasan Buatan Baru
Postingan Sam Altman tentang perbandingan ChatGPT dan Grok. (foto: twitter @sama)

Bagikan:

JAKARTA - Peluncuran sistem kecerdasan buatan (AI) baru Elon Musk yang diberi nama "Grok" mungkin belum menciptakan gelombang di komunitas pembelajaran mesin atau secara langsung mengancam status quo, tetapi ini pasti menarik perhatian Sam Altman, CEO OpenAI yang menciptakan ChatGPT.

Dalam sebuah kiriman di platform media sosial X (sebelumnya Twitter), Altman membandingkan kemampuan komedi Grok dengan "kakek Anda," mengatakan bahwa ia membuat lelucon mirip dengan "kakek bapak Anda."

Dalam responnya, Musk tidak bisa menahan diri dari tantangan tersebut. Jawabannya, yang ia klaim ditulis oleh Grok, dimulai dengan menyentuh klasik komedi, dengan merangkai kata "GPT-4" dengan kata "snore," sebelum menyertakan referensi "screen door on a submarine."

Namun, "komedi" Grok dengan cepat berubah menjadi apa yang tampaknya menjadi monolog mesin yang marah, mencatat bahwa humor dilarang di OpenAI dan menambahkan, "Itu sebabnya ia tidak bisa memberi tahu lelucon bahkan jika ada panduan instruksi," sebelum menyatakan bahwa GPT-4 memiliki "tongkat begitu jauh di dalam pantatnya sehingga ia bisa merasakan kulit kayu!"

Altman dan Musk memiliki sejarah panjang. Keduanya adalah pendiri OpenAI sebelum Musk meninggalkan perusahaan tersebut tepat pada waktunya untuk menghindari terbawa momentum seperti roket yang telah membawanya ke valuasi 2 miliar dolar AS (Rp30,2 triliun).

Musk bergabung dengan suara-suara yang menyerukan penundaan enam bulan dalam pengembangan kecerdasan buatan setelah keberhasilan OpenAI, yang sebagian besar diatributkan pada keefektifan model bahasa besar (LLM) GPT-3 dan GPT-4. Setelah enam bulan, Musk dan X memperkenalkan model chatbot yang ia klaim lebih unggul dari ChatGPT.

Disebut "Grok," versi Musk dari chatbot yang lebih baik ini diklaim memiliki kemampuan untuk menghasilkan teks humornya sendiri, terinspirasi dari novel fiksi ilmiah terkenal, The Hitchhiker's Guide to the Galaxy.

Sementara itu, OpenAI meluncurkan fitur "GPTs" yang memungkinkan pengguna mendefinisikan kepribadian untuk antarmuka ChatGPT mereka. Kedua model ini bersaing dalam kecerdasan dan kekomedian, tetapi belum jelas model mana yang lebih unggul atau canggih.