Bene Meat Technologies, Dapat Izin Produksi Daging Buatan untuk Makanan Hewan Peliharaan
Karyawan Bene Meat Technologies rayakan izin dari Uni Eropa. (foto: twitter @BeneMeat)

Bagikan:

JAKARTA - Startup asal Republik Ceko, Bene Meat Technologies, menjadi perusahaan pertama yang memenangkan registrasi perizinan Uni Eropa untuk daging buatan laboratorium. Daging itu  bisa digunakan untuk makanan hewan peliharaan. Perusahaan tersebut berencana meningkatkan produksi hingga beberapa ton metrik per hari mulai tahun depan, demikian seperti yang diumumkan oleh perusahaan pada Rabu, 8 November.

Sejumlah perusahaan sedang bersaing secara global untuk mengembangkan produk daging dan ikan buatan laboratorium yang dapat menarik konsumen yang prihatin dengan isu etika dan dampak lingkungan dari peternakan hewan ternak, yang merupakan sumber utama emisi gas rumah kaca.

Di Amerika Serikat, Upside Foods dan Good Meat memperoleh persetujuan regulasi pada Juni lalu untuk daging yang disebut budidaya, yang terbuat dari sel-sel hewan, untuk konsumsi manusia. Bahkan sebelumnya di Singapura juga sudah diizinkan. Namun, produksi dalam skala besar masih belum dimulai.

Bene Meat telah beralih fokusnya ke sektor makanan hewan peliharaan untuk menghadirkan produk yang dapat dipasarkan kepada produsen makanan hewan peliharaan global sebagai bahan baku untuk dimasukkan dalam produk akhir mereka.

"Kami telah menjadi perusahaan pertama di dunia yang memiliki izin resmi untuk produksi dan penjualan daging budidaya untuk kucing dan anjing," kata Direktur Utama Bene Meat Technologies, Roman Kriz, dikutip VOI dari Reuters.

Menurut perusahaan itu, produk tersebut mendapatkan sertifikasi di European Feed Materials Register.

Kriz mengatakan perusahaan mampu meningkatkan produksi dan menawarkan harga untuk membuat produk tersebut secara komersial.

Dia mengatakan biaya Bene Meat akan memungkinkan produk akhir terjual dengan harga sekitar tingkat produk makanan hewan peliharaan premium dan super-premium di pasar.

Bene Meat berencana menguji rasa produk kepada hewan, sambil meningkatkan produksi di laboratorium Prague saat ini dan di lokasi baru yang sedang dicarinya.

"Saat ini kami berada dalam jumlah kilogram per hari," kata Kriz. "Kami berharap bahwa tahun depan kami akan mencapai tingkat ratusan kilogram hingga ton setiap hari."

Startup yang didirikan pada tahun 2020 dan dimiliki oleh produsen perangkat medis Republik Ceko, BTL Group, memiliki lebih dari 80 peneliti dan pengembang dan telah menginvestasikan "jutaan euro" dalam pengembangannya.

Kriz berharap akan menjadi mandiri secara finansial dalam waktu setahun ke depan. "Daging untuk konsumsi manusia juga tetap menjadi salah satu tujuan kami," kata Kriz.

Kriz mengatakan Bene Meat, seperti yang lain, menggunakan sel dari hewan hidup, yang tumbuh dalam wadah yang dikenal sebagai bioreaktor, yang diberi makan oleh pasokan nutrisi. Dia enggan memberikan komentar tentang detailnya.

Dia mengatakan selain masalah etika dan lingkungan, manfaat lainnya adalah bahwa daging buatan laboratorium dibuat di bawah kendali penuh, sementara konsumen tidak yakin 100% tentang apa yang dimakan hewan ternak sepanjang hidupnya.

Perusahaan sedang dalam pembicaraan dengan produsen makanan hewan peliharaan tentang pasokan, tetapi juga ingin bekerja sama dengan mereka untuk kemungkinan mendirikan jalur produksi di fasilitas mereka saat ini. Mereka juga berencana untuk mengembangkan merek sendiri dari produk makanan hewan peliharaan.