Startup xAI Milik Elon Musk Akan Luncurkan Model AI Pertama Hari Ini
XAI akan luncurkan model AI pertamanya hari ini (foto: tangkapan layar situs xAI)

Bagikan:

JAKARTA - Elon Musk membagikan update terbaru dari xAI, startup Kecerdasan Buatan (AI) yang ia kembangkan. Musk mengatakan bahwa xAI akan merilis model AI pertamanya hari ini.

Pemilik X dan Tesla itu mengatakan model AI pertama yang dirilis hanya dibagikan ke kelompok terpilih. Namun, Musk tidak merincikan kelompok apa saja yang ia maksudkan.

Belum ada yang tahu model AI seperti apa yang akan perusahaannya rilis, tetapi Elon Musk mengeklaim bahwa AI buatan xAI akan menjadi yang terbaik dibandingkan perusahaan AI lainnya untuk saat ini.

Klaim yang cukup besar, tetapi tidak bisa kita ragukan sepenuhnya. Pasalnya, Musk merupakan salah satu pendiri dari OpenAI, perusahaan yang membangun ChatGPT beberapa tahun lalu.

Setelah muncul beberapa masalah internal, Musk mengundurkan diri dari dewan direksi di tahun 2018. Akan tetapi, semangatnya pada teknologi AI generatif belum juga padam.

Maka dari itu, Musk membangun startup baru dengan nama xAI pada pertengahan tahun ini. Harapannya, startup ini bisa mengalahkan banyak perusahaan pengembang AI dalam beberapa tahun ke depan.

Mengutip dari Reuters, di awal tahun ini Musk mengatakan bahwa ia akan meluncurkan truth-seeking AI dengan kemampuan maksimum yang bisa memahami sifat alam semesta untuk menyaingi Google Bard dan Microsoft Bing AI.

Meski Musk tidak menjelaskan kapan rencana ini akan ia realisasikan, mungkin kita bisa melihat model AI ini sebentar lagi. Melihat dari kinerjanya di X, Miliarder itu selalu bekerja dengan cepat untuk mewujudkan mimpinya.

  xAI akan luncurkan model AI pertamanya hari ini (foto: tangkapan layar situs xAI)