Asisten AI Generatif di Zoom Berhasil Capai 1 Juta Ringkasan Rapat
 Zoom akan tingkatkan teknologi AI generatif di fitur AI Companion (foto: dok. Zoom)

Bagikan:

 

JAKARTA - Hari ini, aplikasi konferensi video Zoom mengumumkan bahwa salah satu fitur andalannya, yaitu Zoom AI Companion, telah menghasilkan lebih dari satu juta ringkasan rapat.

Fitur asisten Kecerdasan Buatan (AI) generatif dari Zoom itu baru diluncurkan sekitar dua bulan lalu. Namun, 125.000 akun yang menggunakan fitur ini telah mendapatkan manfaat dari AI generatif yang Zoom kembangkan.

"Kami menyediakan AI Companion tanpa biaya tambahan dan kami terus menerus meluncurkan kemampuan AI baru dengan kecepatan inovasi Zoom,” ujar Chief Product Office Zoom, Smita Hashim.

Melihat pada pencapaian ini, Zoom akan terus memanfaatkan inovasi dari AI secara optimal. Layanan komunikasi ini juga tengah berupaya mengurangi biaya overhead dan memperluas akses pengguna terhadap AI generatif.

Sementara itu, untuk meningkatkan performa dari fitur AI Companion, Zoom menambahkan beberapa pembaruan yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh pengguna yang telah berlangganan.

Pengguna AI Companion kini bisa bertanya kepada asisten AI melalui fungsi in-meeting questions selama rapat berlangsung. Pertanyaan yang diajukan bisa menggunakan beberapa bahasa baru.

Selain itu, fitur ringkasan dalam rapat juga telah diperbarui sehingga pengguna bisa melihat intisari singkat di bagian atas ringkasan yang dikirimkan melalui email. Pembaruan intisari ini mulai diberlakukan bulan ini, tetapi Zoom tidak merilis tanggal resminya.

Zoom juga berencana menambahkan beberapa pembaruan seperti ringkasan rapat dan in-meeting questions dalam 32 bahasa baru, termasuk bahasa Indonesia dan fungsi pelatih rapat sehingga pengguna bisa berlatih sebagai host untuk rapat.

AI Companion juga akan tersedia pada Zoom Events dengan fitur chat compose yang mampu menyusun draf pesan di ruang obrolan dan membantu penyusunan draf email bagi pihak yang mengatur pendaftaran, pemasaran, dan tiket.

Terakhir, AI Companion akan menambahkan optional control bagi pengguna yang ingin menggunakan model bahasa besar atau large language model (LLM) Zoom khusus untuk organisasi mereka.

Terkait