<i>YouTube Impact Report</i>: Melihat Dampak YouTube terhadap Para Kreator
Press Briefing YouTube Impact Report (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube kembali meluncurkan laporan YouTube Impact Report bersama firma konsultan independen Oxford Economics, tentang bagaimana pertumbuhan ekosistem kreator dan partner YouTube telah menghasilkan nilai ekonomi di Indonesia. 

Laporan ini menemukan bahwa YouTube merupakan platform multiformat yang tidak hanya memberikan manfaat finansial langsung dan tidak langsung bagi para kreator, tetapi juga membantu mereka menjangkau audiens global dan mengeksplorasi berbagai sumber pendapatan. 

Selama lebih dari 11 tahun, YouTube telah berkembang pesat, dari yang awalnya hamya sekadar tempat untuk meng-upload dan membagikan video, dan sekarang menjadi platform untuk menemukan audiens, terhubung dengan mereka, dan terus mengembangkan bisnis. 

“Saya senang sekali melihat dampak dan pengaruh nyata ekonomi kreatif YouTube di Indonesia. Semakin banyak kreator Indonesia menemukan peluang dan audiens di YouTube," kata Tentang kontribusi ekonomi YouTube, Gautam Anand, Vice President & Managing Director, YouTube APAC dalam acara Kreator Indonesia Berkarya: Watch Indonesia Grow, Kamis, 26 Oktober di Jakarta. 

Lebih lanjut, laporan ini menyebutkan bahwa terdapat lebih dari 600.000 kreator di Indonesia telah menerima pendapatan yang terkait dengan kehadiran mereka di YouTube. 

Juga, lebih dari 6.000 channel di Indonesia telah menghasilkan uang dari produk monetisasi alternatif pada bulan Desember (2022) saja, naik sebesar 170 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami terus berfokus untuk mengembangkan ekosistem kreatif ini dan membantu para kreator untuk sukses melalui berbagai program partner, inisiatif peningkatan kemampuan, dan opsi monetisasi lainnya," pungkas Gautam. 

Olavina Harahap, Senior Product Marketing Manager, YouTube Southeast Asia juga menjabarkan bagaimana YouTube dapat memberikan dampak langsung dan tidak langsung bagi para kreatornya.

Ola melihat, dampak indirect dari YouTube nya adalah di mana para kreator bisa membuka kesempatan di local area mereka, sehingga mereka memiliki lebih banyak pengaruh dan berkontribusi terhadap lingkungan sekitar. 

"Apakah itu menjadi brand ambassador atau menjadi mentor bisnis-bisnis lain atau membuka usaha usaha baru lah," paparnya lebih lanjut. 

Selain itu, dampak yang kedua adalah di mana kreator ini akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang sekitarnya. 

"Bisa pekerjakan karyawan untuk channel mereka, tapi sebenarnya juga banyak kreator Indonesia yang mempekerjakan orang lain. Bukan buat channel, misalnya buat bisnis lainnya atau lainnya," pungkasnya.