YouTube Jadi Platform Bagi Musisi Lokal untuk Jangkau Audiens Internasional
Paul Smith, Managing Director, YouTube Music, Asia Pasifik (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Penghargaan Musik Indonesia atau AMI Awards kembali digelar di Indonesia. Tahun ini, AMI memberikan penghargaan kepada para musisi tradisional yang telah berjasa membangun, melestarikan dan memajukan musik tradisional Indonesia. 

Sejalan dengan misi tersebut, YouTube sebagai platform video online dengan ratusan juta pengguna dan kreator di Indonesia, turut berkontribusi terhadap pembangunan manusia dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Menurut data laporan YouTube Impact Report 2023, sebanyak 83 persen perusahaan musik yang memiliki channel YouTube setuju bahwa YouTube penting untuk memperkenalkan artis dan/atau musik baru. 

Selain itu, 82 persen perusahaan musik dengan saluran YouTube juga setuju bahwa YouTube membantu mereka menjangkau audiens baru di seluruh dunia. 

"Sejak YouTube hadir di Indonesia, platform ini membawa dampak besar bagi kemajuan industri musik di Indonesia. Tidak hanya membantu menemukan talenta baru dari seluruh pelosok negara, tapi juga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi musisi tanah air untuk terhubung dengan audiens di seluruh dunia," ujar Candra Darusman, Ketua Umum Yayasan AMI di acara Konferensi Pers "Peran Digital Platform Mendukung Musisi Indonesia ke Kancah Dunia" pada Senin, 6 November. 

Candra juga mengatakan bahwa YouTube memungkinkan para musisi tanah air untuk memperoleh penghasilan dari melakukan hal yang mereka gemari. Untuk itu, kolaborasi Yayasan Musik Indonesia dan YouTube diharapkan bisa terus berlangsung.  

Memiliki tujuan yang sama, Paul Smith, Managing Director, YouTube Music, Asia Pasifik juga mengatakan bahwa musik merupakan jantungnya kebudayaan Indonesia. 

"Kami bangga akan antusiasme yang luar biasa dari para penikmat musik di Indonesia, yang terus membuktikan bahwa YouTube adalah sebuah platform multiformat terbuka yang menjadi penghubung dan sarana kolaborasi, membawa dampak ekonomi signifikan secara langsung maupun tidak langsung yang nyata," tuturnya.