Bagikan:

 

JAKARTA - YouTube berperan penting dalam melebarkan bisnis UKM. Senior Product Marketing Manager Google Indonesia, Olavina Harahap, mengatakan bahwa YouTube terus berkontribusi dalam membantu seluruh kreator di platformnya.

Kreator ini  diperluas ke dalam lima sektor, yaitu sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM), pendidikan, industri kreatif, musik, dan media. Menurut data yang dimiliki YouTube, kontribusi mereka sejauh ini menunjukkan hasil yang baik.

Olavina mengatakan bahwa 78 persen UKM setuju bahwa YouTube berperan penting dalam melebarkan bisnis mereka. Sementara di sektor pendidikan, 80 persen orang tua setuju bahwa YouTube membantu pemberian akses informasi yang luas.

Berbeda dengan sektor industri kreatif, 81 persen kreator di YouTube mampu memberikan kontribusi di wilayah mereka seperti melebarkan lapangan pekerjaan. Kemudian, 83 persen perusahaan musik setuju bahwa YouTube menjadi tempat terbaik untuk mencari artis potensial.

Terakhir, 73 persen perusahaan di bidang komunikasi atau media setuju bahwa YouTube membantu mereka dalam memperluas jangkauan berita, baik nasional hingga mancanegara.

Seluruh data ini membuat semangat YouTube semakin terdongkrak untuk meningkatkan kinerja dan kontribusi mereka. Bahkan Olavina mengatakan impact positif dari kontribusi ini akan terus berjalan hingga Impact Report berikutnya.

“Ini tahun kedua kami meluncurkan Impact Report, tetapi komitmen kami akan terus berlanjut untuk membantu para kreator yang ada di YouTube untuk terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Olavina pada press briefing YouTube Impact Report Watch Indonesia Grow 2022, Kamis 26 Oktober.

Sementara itu, VP and Managing Director YouTube APAC, Gautam Anand, menyadari dampak besar dari perkembangan platform mereka. Dampak ini tidak hanya dirasakan oleh pengguna, tetapi juga kepada negara.

Gautam menekankan bahwa mereka akan terus meningkatkan platform ini sehingga penggunanya mampu merasakan dampak yang lebih besar dan merasakan kontribusi nyata dari YouTube.

“Kami terus berupaya untuk memastikan bahwa kami meningkatkan produk kami agar dapat melayani para pembuat konten dengan lebih baik, memberi mereka alat yang lebih baik,” kata Gautam.

Agar kontribusi mereka kepada berbagai sektor bisa berkembang, YouTube akan meningkatkan pengalaman menggunakan platform mereka dengan Kecerdasan Buatan (AI) generatif di masa depan sehingga YouTube bisa menjadi platform yang tepat bagi seluruh kreator.