Bagikan:

JAKARTA - Pejabat Kepala industri Uni Eropa, Thierry Breton, pada Kamis 12 Oktober membuka penyelidikan terhadap X milik Elon Musk. Ini merupakan penyelidikan pertama di bawah peraturan teknologi Uni Eropa yang baru, setelah sebelumnya memberikan teguran kepada platform media sosial TikTok dan Meta karena dinilai belum cukup dalam mengatasi penyebaran disinformasi pasca serangan Hamas terhadap Israel.

"Ketiga platform tersebut telah mengalami lonjakan konten palsu terkait konflik Israel dan Hamas, dengan disinformasi yang tampaknya paling banyak muncul di X," kata peneliti media sosial dikutip dari Reuters.

Langkah Breton meningkatkan tekanan pada TikTok dan Meta untuk menghapus konten ilegal dan berbahaya dari platform mereka agar sesuai dengan Undang-Undang Layanan Digital (DSA).

DSA, yang mulai berlaku pada November tahun lalu, mengharuskan platform online besar dan mesin pencari untuk lebih banyak berusaha dalam mengatasi konten ilegal dan risiko terhadap keamanan publik, serta melindungi layanan mereka dari teknik manipulatif.

CEO X, Linda Yaccarino, mengatakan pada Kamis lalu bahwa platformnya telah menghapus ratusan akun yang terkait dengan Hamas dan mengambil tindakan untuk menghapus atau memberi label puluhan ribu konten sejak serangan itu, sebagai respons terhadap surat dari Breton.

"Kami telah mengirimkan permintaan formal informasi kepada X, langkah pertama dalam penyelidikan kami untuk menentukan kepatuhan terhadap DSA," kata Breton dalam postingan di X.

Sementara X menolak untuk memberikan komentar.

Mereka memiliki waktu hingga 18 Oktober untuk memberikan rincian tentang bagaimana protokol respons krisis mereka diaktifkan dan berfungsi, serta hingga 31 Oktober untuk masalah lainnya.

Menurut para peniliti, tindakan Musk untuk memotong akses akademik gratis ke alat data sebelumnya membuat lebih sulit untuk melacak kata kunci dan hashtag, memaksa para peneliti untuk secara manual menyaring konten untuk melacak disinformasi.

Sejak mengambil alih Twitter, Musk telah memotong tenaga kerja menjadi sekitar 1.500 dari 7.500 karyawan untuk mengurangi biaya, termasuk banyak yang bekerja pada moderasi konten, mengidentifikasi dan menurunkan kampanye propaganda yang terkoordinasi, serta kurasi konten yang dapat dipercaya.

X juga telah kehilangan dua kepala kepercayaan dan keamanan serta satu kepala keamanan merek, yang bekerja untuk mencegah iklan muncul di sebelah konten berbahaya. Perusahaan ini menghadapi denda hingga 6% dari omzet globalnya jika terbukti melanggar DSA.

Pada  Kamis, Breton memberikan ultimatum kepada CEO TikTok, Shou Zi Chew, untuk meningkatkan upaya penghapusan konten ilegal dan berbahaya dari aplikasi video pendek tersebut dalam waktu 24 jam.

Peringatan Breton dalam surat kepada Chew, yang pertama kali dilihat oleh Reuters, mengikuti surat serupa kepada pemilik X, yang sebelumnya bernama Twitter, Elon Musk, dan Mark Zuckerberg dari Meta Platforms. Breton kemudian memposting surat itu di platform media sosial Bluesky.

Breton mengatakan dalam surat kepada TikTok, yang dimiliki oleh konglomerat China, ByteDance, bahwa dia memiliki indikasi bahwa platform tersebut digunakan untuk menyebarkan konten ilegal dan disinformasi di Uni Eropa setelah serangan Hamas.

"Dengan platform Anda digunakan secara luas oleh anak-anak dan remaja, Anda memiliki kewajiban khusus untuk melindungi mereka dari konten kekerasan yang menggambarkan penyanderaan dan video grafis lainnya yang dilaporkan beredar luas di platform Anda tanpa tindakan pencegahan yang sesuai," katanya.