Bagikan:

JAKARTA - Evolution Space, perusahaan penerbangan antariksa swasta, akan membangun operasi produksi dan pengujian motor roket padat di Stennis Space Center Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Evolution telah menandatangani perjanjian pembangunan ini pada 10 Oktober. Melalui pengumuman di laman resmi NASA, Evolution Space akan memiliki akses untuk mendirikan Pusat Propulsi Skala Kecil di Stennis.

Melalui perjanjian ini juga, Stennis NASA pertama kalinya mendukung produksi dan pengujian motor roket padat dalam 62 tahun terakhir. Perjanjian ini menjadi salah satu alternatif bagi Stennis dalam memaksimalkan penggunaan lokasi, model operasi, dan infrastruktur mereka bagi perusahaan antariksa komersial lain.

Wakil Presiden Produksi dan Pengembangan Evolution Space Manny Ballesero mengatakan bahwa mereka memiliki satu tujuan saat memutuskan bermitra dengan NASA. Mereka ingin membangun fasilitas pada industri motor roket pada dengan cepat.

Berbeda dengan pernyataan Wakil Presiden Operasi Josh Marino di Evolution Space, ia mengatakan bahwa kolaborasi dengan Stennis NASA merupakan salah satu rencana dari perluasan strategis.

Dengan adanya penekenan kontrak ini, Stennis NASA dapat membantu Evolution Space dalam memenuhi permintaan produksi motor roket padat yang terus meningkat, baik di sektor komersial maupun di pertanian.

Sementara itu, Evolution akan memproduksi motor roket padat mereka di Stennis Space Center pada kuartal kedua tahun 2024. Hasil dari produksi ini rencananya akan diuji di Kompleks Uji E-3 Stennis.

Meski Evolution Space mendapatkan askses fasilitas di Stennis, perusahaan komersial swasta ini akan menyediakan semua kebutuhan produksi seperti peralatan, komponen, dan sistem kelistrikan lainnya untuk menguji motor.