Bagikan:

JAKARTA - Infobip, perusahaan penyedia jasa komunikasi yang membantu koneksi bisnis, menyadari betapa pentingnya komunikasi dan solusi bagi pelanggan, terlebih di era kemajuan teknologi saat ini.

Dengan banyaknya media untuk berkomunikasi, pelanggan semakin membutuhkan respons dari brand atau seller yang mereka hubungi. Melalui berbagai tuntutan komunikasi ini, Infobip membantu para pebisnis untuk memanfaatkan semua teknologi dalam satu platform.

Direktur Pengembangan Kemitraan Strategis Miguel Turnbull di acara Indonesia 2024 Omnichannel dan CX Outlook mengatakan bahwa mereka memanfaatkan teknologi Kecerdasan Buatan (AI) generatif. Teknologi ini bahkan menjadi elemen yang sangat penting bagi mereka.

Infobip telah beradaptasi dengan kebutuhan chatbot. Ketika pelanggan membutuhkan teknologi seperti ini, Infobip mampu mengintegrasikan solusi ke dalam komunikasi yang mereka butuhkan.

Mereka menyebut pemberian solusi ini dengan solution as a service (Saas). Chatbot memang sudah memiliki segalanya, tetapi tidak benar-benar memiliki semua hal yang dibutuhkan manusia. Pada akhirnya, manusia tetap membutuhkan seseorang untuk mengatasi masalah mereka.

Ketika menggunakan Saas di chatbot, pelanggan tak perlu lagi menunggu lama hanya untuk mengeluh. Mereka tidak perlu mengirim email dan menunggu hingga berhari-hari karena chatbot ini akan memberikan akses langsung kepada manusia.

Direktur Penjualan South APAC Cecile Tizon menambahkan bahwa manusia akan membutuhkan manusia pada akhirnya dan chatbot tidak bisa menggantikan itu. Oleh karena itu, penerapan SaaS dipercaya mampu memberikan pengalaman yang baik kepada para pelanggan.

Apa pun yang terjadi, brand harus memberikan pelayanan yang baik sehingga citra mereka terjaga. Menurut Direktur Bisnis Perusahaan Infobip Kukuh Prayogi, hal ini mampu teratasi jika suatu brand bisa menjawab keluhan pelanggan mereka tanpa perlu membuatnya menunggu.