Bagikan:

JAKARTA - LinkedIn, jaringan sosial untuk para profesional bisnis dengan lebih dari 950 juta anggota, mengumumkan penambahan fitur kecerdasan buatan ke bisnis intinya. Fitur ini memungkinkan para rekruter untuk mencari calon pekerja dengan bertanya dalam bahasa asli. Selain itu juga memberikan kemudahan bagi para profesional pemasaran untuk membuat kampanye iklan dalam beberapa klik.

Fitur ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi dari OpenAI, pencipta ChatGPT yang telah mendapatkan investasi dari Microsoft.

Secara tradisional, pengguna LinkedIn harus mencari database LinkedIn dengan menggunakan filter data, kata kunci, dan teknik mesin pencari lainnya untuk menemukan kandidat pekerja. Sekarang, rekruter dapat mengajukan pertanyaan dengan cara yang lebih alami, dan komputer akan memberikan pertanyaan balik.

Sebagai contoh, komputer bisa menanyakan kepada rekruter apakah mereka tertarik dengan pelamar yang berada di kota lain di tempat perusahaan itu juga memiliki kantor, atau orang yang jabatan pekerjaannya tidak persis sesuai tetapi memiliki keterampilan serupa.

Ryan Roslansky, CEO LinkedIn, menyatakan bahwa di era di mana judul pekerjaan berubah dengan cepat, LinkedIn mencoba mendorong perekrutan orang yang memiliki keterampilan sesuai dengan persyaratan pekerjaan, terlepas dari judul atau pendidikan mereka.

LinkedIn juga menambahkan fitur serupa untuk para profesional penjualan yang mencari prospek dan memperkenalkan alat yang akan menggunakan kecerdasan buatan untuk membaca situs web perusahaan dan membuat kampanye pemasaran untuk produk dan layanan bisnis yang kemudian akan berjalan di situs LinkedIn.

Perusahaan ini, yang memiliki pendapatan lebih dari 15 miliar dolar AS (Rp234 triliun) dalam 12 bulan terakhir, tidak berencana untuk menambah biaya tambahan untuk fitur baru ini. Beberapa dari fitur-fitur tersebut akan mengotomatisasi sebagian pekerjaan pengguna LinkedIn.

"Sekarang, bagi sebagian besar dunia, Anda akan menemukan bahwa tugas-tugas tersebut akan diubah oleh kecerdasan buatan, sehingga peran Anda perlu beradaptasi sedikit," kata Roslansky, dikutip Reuters.