Samsung Jadi Pabrikan Chip Buatan Tenstorrent, Startup Kecerdasan Buatan Kanada
Samsung telah mendapatkan pelanggan baru dalam bentuk startup Kanada bernama Tenstorrent. (foto: twitter @tenstorrent)

Bagikan:

JAKARTA - Unit manufaktur chip kontrak Samsung telah mendapatkan pelanggan baru dalam bentuk startup Kanada bernama Tenstorrent. Hal ini dilaporkan perusahaan Korsel tersebut mengumumkan pada Senin, 2 Oktober.

Tenstorrent merupakan salah satu dari sejumlah startup yang berusaha menantang dominasi Nvidia dalam pasar chip kecerdasan buatan (AI). Perusahaan ini memproduksi chip dan properti intelektual untuk pusat data, tetapi juga bekerja untuk memasok pasar lain seperti otomotif.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, Tenstorrent berencana untuk menggunakan salah satu proses manufaktur tercanggih Samsung, yang dikenal sebagai 4nm, untuk memproduksi chip-chip tersebut. Produk Tenstorrent yang diproduksi oleh Samsung adalah chiplet, yang dirancang untuk duduk bersama chiplet lain dalam satu paket.

Kedua perusahaan tidak mengungkapkan nilai kesepakatan ini atau jumlah chip yang akan diproduksi.

Beberapa chip Tenstorrent dibangun dengan teknologi yang dikenal sebagai RISC-V, yaitu arsitektur semikonduktor sumber terbuka yang bersaing dengan Arm dan x86 yang digunakan oleh Intel dan Advanced Micron Devices (AMD).

Chip yang akan diproduksi oleh Samsung untuk Tenstorrent bernama Quasar, dan tidak berdasarkan teknologi RISC-V.

"Fokus Tenstorrent adalah mengembangkan komputasi berkinerja tinggi dan menyediakan solusi tersebut kepada pelanggan di seluruh dunia," kata CEO Tenstorrent, Jim Keller, dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters.

Kesepakatan chip ini mengikuti investasi Samsung di Tenstorrent pada Agustus lalu sebagai bagian dari penggalangan modal sebesar 100 juta dolar AS (Rp1,5 triliun) yang juga melibatkan Hyundai Motor Co dan pihak lainnya.