Startup Chip Kecerdasan Buatan Cerebras Systems Rilis Model <i>Open Source ChatGPT-like</i>
Cerebras Systems, mengumumkan bahwa mereka merilis model open source yang mirip dengan ChatGPT. (foto: twitter @CerebrasSystems)

Bagikan:

JAKARTA - Startup chip kecerdasan buatan, Cerebras Systems, mengumumkan pada Selasa 28 Maret bahwa mereka merilis model open source yang mirip dengan ChatGPT untuk digunakan oleh kalangan peneliti dan bisnis secara gratis guna mendorong kolaborasi lebih lanjut.

Cerebras yang berbasis di Silicon Valley merilis tujuh model, semuanya dilatih pada superkomputer kecerdasan buatannya bernama Andromeda, mulai dari model bahasa 111 juta parameter yang lebih kecil hingga model 13 miliar parameter yang lebih besar.

"Ada gerakan besar untuk menutup apa yang telah open source lakukan dalam kecerdasan buatan...tidak mengherankan karena sekarang ada uang yang besar di dalamnya," kata Andrew Feldman, pendiri dan CEO Cerebras, dikutip Reuters. "Kegembiraan dalam komunitas, kemajuan yang telah kita buat, sebagian besar karena ini sangat terbuka."

Model dengan parameter yang lebih banyak dapat melakukan fungsi generatif yang lebih kompleks.

Contohnya, chatbot ChatGPT milik OpenAI yang diluncurkan akhir tahun lalu memiliki 175 miliar parameter dan dapat menghasilkan puisi dan penelitian, yang telah membantu menarik minat besar dan pendanaan untuk kecerdasan buatan secara lebih luas.

Cerebras mengatakan model-model yang lebih kecil dapat diterapkan pada ponsel atau smart speaker sementara yang lebih besar dijalankan pada PC atau server, meskipun tugas yang kompleks seperti summarization memerlukan model yang lebih besar.

Namun, Karl Freund, konsultan chip di Cambrian AI, mengatakan bahwa besar tidak selalu berarti lebih baik.

"Telah ada beberapa makalah menarik yang menunjukkan bahwa (model yang lebih kecil) dapat akurat jika Anda melatihnya lebih banyak," kata Freund. "Jadi ada trade off antara lebih besar dan dilatih lebih baik."

Feldman mengatakan model terbesarnya memakan waktu sedikit lebih dari seminggu untuk dilatih, pekerjaan yang biasanya memerlukan beberapa bulan, berkat arsitektur sistem Cerebras, yang mencakup chip sebesar piringan makanan yang dibangun untuk pelatihan kecerdasan buatan.

Sebagian besar model kecerdasan buatan saat ini dilatih pada chip Nvidia Corp (NVDA.O), tetapi semakin banyak startup seperti Cerebras yang mencoba mengambil bagian dalam pasar tersebut.

Model yang dilatih pada mesin Cerebras juga dapat digunakan pada sistem Nvidia untuk pelatihan atau kustomisasi lebih lanjut, kata Feldman.