Bagikan:

JAKARTA - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kembali meluncurkan helikopter Ingenuity ke Mars pada Sabtu, 16 September.

Dengan peluncuran ke-59 ini, Ingenuity telah menetapkan rekor baru. Dikutip dari Space, salah satu pejabat Laboratorium Propulsi Jet NASA (JPL) NASA mengumumkan bahwa Ingenuity telah menyelesaikan penerbangan ke-59.

Selesainya penerbangan ini ditandai dengan pemecahan rekor ketinggian yang mencapai 20 meter atau setinggi 66 kaki. Helikopter ini pun tercatat menghabiskan waktu selama 142,59 detik di udara.

Sebelum memecahkan rekor 20 meter, ketinggian tertinggi yang Ingenuity miliki adalah 18 meter atau 59 kaki. Namun, rekor jarak dan durasi penerbangannya masih bertahan pada 705 meter dan 169,5 detik yang masing-masing tercatat pada April 2022 dan Agustus 2021.

Sejauh ini dengan 59 misi penerbangannya, Ingenuity telah menempuh jarak total mencapai 13,304 meter atau setara dengan 43,652 kaki. Selain itu, Ingenuity berhasil bertahan dengan total 106,5 menit di udara.

Ingenuity merupakan helikopter kecil yang diterbangkan ke Mars dengan penjelajah Perseverance NASA untuk mencari fitur geologi dan membantu manusia dalam menjelajahi lokasi yang tak bisa dijangkau oleh penjelajah.

Selain itu, Ingenuity juga membantu eksplorasi di Mars untuk membuktikan bahwa udara bisa ditemukan meskipun atmosfer yang planet ini miliki terbilang tipis.